MTPJ GMIM 28 November – 4 Desember 2021 (Minggu Adven 1): Pengharapan akan keselamatan

  • Bagikan

PEMBAHASAN TEMATIS

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Kitab Zakharia adalah kitab Perjanjian Lama yang termasuk dalam kelompok nabi-nabi kecil. Sebutan nabi-nabi kecil bukan menunjuk pada kedudukan atau status/derajat sosial, tetapi karena tulisan nabi-nabi ini dalam Alkitab tergolong singkat, sehingga mereka disebut nabi kecil.

Kitab nabi Zakharia, terdiri dari dua bagian, yakni pasal 1-8 tentang Penglihatan yang berisi seruan untuk membangun kembali Bait Allah, dan pasal 9-14 yang berisi nubuat tentang Kedatangan Mesias.

Khusus Zakharia 9:9-17 berisi dua perikop yakni ayat 9-11, yaitu nabi Zakharia yang memahami keterpurukan Yehuda berusaha mengobati hati mereka dan ia memulai nubuatnya dengan seruan kegembiraan dan sukacita terasa hingga saat ini.

Sebagaimana bangsa Yehuda, kita juga diminta untuk selalu bersukacita dan bersorak-sorai. Artinya kendatipun kita dihadapkan dengan berbagai masalah di zaman ini, tetapi hati dan hidup kita harus tetap bersukacita menantikan kelepasan dan pembebasan kita dari segala pergumulan kehidupan.

Memasuki perayaan minggu-minggu adven ini, kita diajak untuk membenahi kehidupan iman kita. Semua orang percaya diminta untuk meluapkan kegembiraan dan sukacita serta meletakkan semua pergumulan hidup kita kepada Tuhan Yesus yang kelahiran-Nya akan kita rayakan serta kedatangan-Nya kembali sedang kita nantikan.

Baca Juga:  Paruntu percayakan Pena Bilo jadi Ketum Lokakarya Visi Misi Remaja GMIM, ini susunan panitianya
  • Bagikan