Satu-satunya di Sulut, Minsel terima penghargaan Proklim 2021 Kategori Utama dari KLKH

  • Bagikan
Bupati Minsel Franky Wongkar menerima penghargaan Penghargaan Proklim Kategori Utama ini diserahkan langsung oleh DLH Sulut, Rabu (01/12/2021).

Dikatakannya, dalam menghadapi perubahan iklim, seluruh pihak termasuk masyarakat perlu melakukan tindakan adaptasi untuk menyesuaikan diri terhadap dampak yang terjadi meski dampaknya belum terasa secara luas.

Perubahan perilaku sudah dirasakan oleh masyarakat itu sendiri lewat pengolahan sampah organik yang dihasilkan warga menjadi kompos sederhana, dan pemanfaatannya digunakan untuk kalangan sendiri.

Proklim sendiri adalah gerakan nasional pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak berbasis komunitas di indonesia.

Proklim juga merupakan program sinergi aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang berlingkup nasional guna meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk penguatan kapasitas adaptasi dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Hingga saat ini telah terbentuk sebanyak lebih kurang 3.000 desa Proklim di seluruh Indonesia, membuat resapan air, hemat listrik, membersihkan lingkungan sekitar, membersihkan got.

Kemudian penghijaukan lingkungan dengan menanam pohon, pembuatan instalasi penanggulangan banjir, membuang sampah juga memilahnya serta memanfaatkan atau mendaur ulang menjadi barang bermanfaat.

Hadir mendampingi Bupati FDW, antara lain Sekda Denny Kaawoan dan Kepala DLH Minsel Roi Sumangkut.

(toar)

Baca Juga:  3 rumah di Kumelembuai Atas terbakar, 4 motor dan cengkih ikut ludes
  • Bagikan