Sejumlah orang yang diduga dari kepolisian turun ke lokasi PETI alat berat milik Jeje

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Kedatangan beberapa orang yang diduga aparat kepolisian dan membawa senjata laras panjang, namun tidak melakukan penertiban terhadap alat berat milik Jeje yang nyata berada di lokasi pertambangan, disesalkan sejumlah penambang rakyat yang berlokasi di Limpoga, Kamis (2/12/2021).

“Pemberitaan media sudah ada laporan terkait Jeje, jadi kami kira polisi datang menertibkan alat berat tersebut dan membuat mempolice line. Tampak lebih kurang ada 10 polisi datang, satu berseragam namun tidak menindak alat berat milik Jeje,” ungkap John dan Subuh, diamini beberapa rekannya.

“Rupanya kedatangan polisi ke lokasi sudah diketahui oleh Jeje, sehingga dia sudah tidak berada di lokasi saat polisi datang,” tambahnya.

Lagi menurut mereka, alat berat dilarang oleh pemerintah daerah yakni Bupati Minahasa Tenggara.

“Bupati tegas melarang PETI alat berat. Kami ada dasar hukum dari penjelasan bupati melalui video yang dibagikan, bahwa penambang rakyat secara manual bisa menambang asal jangan di lokasi Kebun Raya Megawati,” tuturnya menirukan video Bupati James Sumendap.

Sementara itu, aktivis GAMKI Mitra, Ridel Lumintang menjelaskan, seharusnya surat aduan PETI alat berat sejak 18 November lalu yang telah diterima Polres Mitra ditindaklanjuti.

“PETI alat berat diancam dengan pasal tindak pidana undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara dengan ancaman pidana penjara lima tahun,” jelas Lumintang.

Ia juga menambahkan, untuk penambang diimbau jangan takut kalau melihat polisi, karena polisi tupoksinya keamanan dan ketertiban, mengayomi serta melayani.

“Kapolri sampaikan polisi Presisi adalah singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan. Jadi jangan takut, pasti rakyat dilindungi polisi,” kata Lumintang. (***)

Baca Juga:  15 warga Desa Silian Kota jalani isoman, Pemdes salurkan bantuan sembako
  • Bagikan