Komitmen James Sumendap dalam pencegahan korupsi, Mitra nomor 1 kabupaten/kota di Sulut

  • Bagikan
Sekda Mitra David Lalandos/Tabel MCP KPK

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengukir prestasi membanggakan di momentum peringatan Hari anti korupsi sedunia, Kamis (9/12/2021) kemarin.

Prestasi itu dicatat dalam pencegahan korupsi, dimana Kabupaten Mitra masuk 10 besar tingkat nasional dalam program Koordinasi, Supervisi, dan Pencegahan (Korsupgah) Korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) khususnya Monitoring Centre Prevention (MCP).

“Capaian MCP Kabupaten Mitra dalam rangka Korsupgah KPK adalah 85 persen. Angka ini masuk dalam 10 besar tingkat nasional. Tentu ini prestasi membanggakan dalam rangka hari anti korupsi sedunia hari ini,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra, David Lalandos, dalam wawancara dengan wartawan, Kamis (9/12/2021).

Lalandos menekankan, hasil ini sangat dipengaruhi oleh komitmen kepala daerah. “Keberhasilan upaya pencegahan korupsi sangat dipengaruhi oleh komitmen kepala daerah. Kalau kepala daerah komit dalam pencegahan korupsi, maka pasti program pencegahan itu akan jalan, demikian juga sebaliknya,” tukas Lalandos.

“Di Kabupaten Mitra sangat jelas terlihat komitnen pak Bupati James Sumendap dalam upaya pencegahan korupsi, yang antara lain terlihat dari capaian MCP yang bisa menyentuh angka 85 persen sampai saat ini,” tambahnya.

Tak hanya masuk 10 besar nasional, Lalandos juga mengungkapkan, capaian MCP Kabupaten Mitra menjadi yang tertinggi dari semua kabupaten/kota se Sulawesi Utara. “Kalau dihitung dengan capaian pemprov, kita ada di nomor dua. Tetapi untuk kabupaten/kota, Minahasa Tenggara masih yang teratas,” terangnya.

Dirinya pun berharap agar capaian ini akan terus ditingkatkan sampai penilaian akhir pada akhir Desember. “Kami berharap semua organisasi perangkat daerah mengikuti komitmen pak Bupati James Sumendap. Target kita, akhir Desember MCP sudah di atas 95 persen,” harap Lalandos. (HENGLY)

Baca Juga:  Bulan ini, ruas jalan Kali-Ranoketang dan Tombatu-Silian di aspal
  • Bagikan