Kerja keras dr Marsel Potalangi, Puskesmas Tambelang raih penghargaan dari Gubernur OD

  • Bagikan
dr Marsel Potalangi (paling kiri)/Piagam penghargaan dari Gubernur Olly Dondokambey

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Puskesmas Tambelang, Kecamatan Touluaan Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), berhasil meraih piagam penghargaan dari Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey.

Penghargaan ini disematkan kepada Puskesmas Tambelang karena berhasil mencapai cakupan vaksinasi covid-19 tertinggi dosis terlengkap (dosis 1 dan 2) sampai dengan 15 November 2021 di Sulut.

Kepala Puskesmas Tambelang, dr Marsel Potalangi mengatakan, tidak mudah meraih penghargaan tersebut apalagi diperhadapkan dengan ribuan masyarakat yang pola pikirnya berbeda-beda kala menghadapi situasi pandemi covid-19. Namun ia dan jajaran sangat bersyukur atas capaian membanggakan yang bisa diraih Puskesmas Tambelang.

“Selain edukasi, capaian ini juga merupakan hasil kerja sama dan solidaritas yang terus dijaga antar lintas program, lintas sektor, tokoh-tokoh agama dan masyarakat, seluruh warga Toluaan Selatan, serta dukungan Pemkab Mitra dibawah kepemimpinan Bupati James Sumedap dan Wakil Bupati Jocke Legi lewat Dinas Kesehatan,” tukas Potalangi.

Potalangi juga menambahkan, setiap proses yang telah dilalui untuk mencapai prestasi ini bukanlah hal yang mudah.

“Memang setiap proses pastinya ada kendala dan halangan, apalagi situasi saat ini yang masih dikelilingi oleh pandemi covid-19. Tapi berkat kerjasama dan komunikasi yang baik, semua kendala dan halangan dapat diminimalisir dan berjalan mulus,” tambah Potalangi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra, dr Helny Ratuliu pun mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang ditorehkan Puskesmas Tambelang. Terlebih lagi, Puskesmas Tambelang sudah kesekian kalinya menjadi teladan yang patut dicontoh oleh seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Mitra bahkan juga di Provinsi Sulut pada umumnya.

“Walaupun Puskesmas Tambelang berlokasi di pelosok terpencil, namun mampu menjadi contoh teladan bagi puskesmas lainnya yang ada di Mitra, maupun di Provinsi Sulut,” tukas Ratuliu.

Baca Juga:  Meydi Lumampow siapkan lapangan pekerjaan lewat program ketahanan pangan

Ratuliu bahkan mengakui, guna memaksimalkan program vaksinasi, secara keseluruhan puskesmas di Minahasa Tenggara mendapatkan bantuan tenaga vaksinator dari dinas kesehatan ataupun wilayah yang memiliki fasilitas rumah sakit terdekat. Namun, tidak untuk Puskesmas Tambelang yang secara murni mengandalkan tim vaksinator dari puskesmas itu sendiri.

“Ini murni atas usaha yang dilakukan tim yang dibentuk oleh dr Marsel Potalangi, tanpa bantuan dari pihak lain, baik dinas terkait ataupun rumah sakit. Atas prestasi itu, sekali lagi selamat dan teruslah memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga program vaksinasi bisa diterima seluruh masyarakat dan kita semua bisa terhindar dari virus ini,” ucap Ratuliu. (HENGLY)

  • Bagikan