Warga terkendala mobilisasi, Puskesmas Tikala Baru “door to door” ke rumah lakukan vaksinasi

  • Bagikan
Kepala Puskesmas Tikala Baru dr Jacob Pajan SpB saat melakukan suntik vaksinasi kepada warga di rumah, Sabtu Sabtu (22/01/2022).

Manado, BERITASULUT.co.id – Pandemi Covid-19 telah berlangsung dua tahun lamanya, dan belum diketahui kapan keadaan akan menjadi terkendali.

Meski demikian, pemerintah terus berupaya agar virus ini segera teratasi. Salah satu cara yakni dengan melakukan vaksinasi kepada seluruh warga Negara.

Hanya saja ada beberapa kendala yang ditemui di lapangan, sehingga upaya vaksinasi menjadi terkendala. Antara lain terbatasnya mobilitas warga, sehingga tidak bisa ke lokasi vaksinasi pada umumnya.

Kasus tersebut banyak ditemui di Kota Manado. Sehingga perlu upaya ekstra dari pemerintah supaya semua warga yang memenuhi syarat divaksinasi, bisa mendapatkan vaksin.

Seperti yang dilakukan Puskesmas Tikala Baru. Dimana Kepala Puskesmas dr Jacob Pajan SpB bersama timnya terpaksa harus “menjemput bola” secara door to door ke rumah peserta vaksinasi Covid-19.

“Kami lakukan vaksinasi door to door ini mengingat ada warga yang terkendala mobilisasi ke sentra vaksin,” ujar Pajan kepada BERITASULUT.co.id, Sabtu (22/01/2022) sore.

Dan untuk hari ini jadwalnya di Kelurahan Paal IV Kecamatan Tikala, dengan total peserta yang divaksin yakni 29 orang.

“Rata-rata lansia (lanjut usia). Dan datanya kami peroleh dengan berkoordinasi lintas sektor dari fasilitator kota admin di kelurahan setempat,” ujar Dokter Koko, sapaan akrabnya.

Salah satu cara yang dilakukannya ini adalah untuk mencapai herd immunity, dimana masyarakat diharapkan bersedia untuk mendapatkan vaksinasi.

Selain itu, masyarakat diminta dapat disiplin untuk menerapkan berbagai protokol kesehatan yang dianjurkan seperti rajin mencuci tangan, selalu mengenakan masker ketika akan beraktivitas di luar ruangan, menjaga jarak, serta usahakan untuk tidak berada di kerumunan.

(donwu)

Baca Juga:  GSVL-Mor akhiri pemerintahan Manado dengan opini WTP 
  • Bagikan