Screening, salah satu upaya Pemkab Talaud cegah penyebaran Covid-19

  • Bagikan
Kadis Kesehatan Talaud, Kerry Monangin.

Melonguane, BERITASULUT.co.id – Guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud, maka Satgas Covid-19 di bawah komando Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) terus melakukan penyaringan atau screening.

“Screening adalah langkah penting dalam mencegah penularan penyakit yang diakibatkan Covid-19,” ujar Bupati E2L melalui Kepala Dinas Kesehatan Talaud Kerry Monangin.

Dijelaskan, screening merupakan tindakan awal yang dilakukan petugas kesehatan, kepada orang-orang yang masuk di kabupaten paling utara Indonesia tersebut.

“Tindakan ini menentukan langkah selanjutnya, apakah orang tersebut harus segera dirujuk ke rumah sakit khusus rujukan Covid-19, perlu menjalani tes permulaan, atau bisa diperiksa secara umum sesuai dengan keluhan,” jelasnya.

Lanjut Monangin, untuk di Talaud sendiri, Satgas Covid-19 melakukan screening di semua pintu masuk. Yakni di pelabuhan udara dan pelabuhan laut.

“Kita terutama melakukan screening di pelabuhan laut. Apalagi ada tiga pelabuhan laut di Talaud yang akses dari Manado dan Bitung. Yakni Pelabuhan Lirung, Melonguane dan Beo,” jelasnya.

Ditambahkan, selain screening dengan pemeriksaan suhu; orang yang masuk Talaud wajib menunjukkan kartu vaksinasi.

“Kalau tidak menunjukkan kartu vaksinasi atau belum divaksin, kita sudah siapkan Tim Vaksin di masing-masing pelabuhan dan langsung divaksin,” tutupnya.

(tal)

 

Baca Juga:  Bupati E2L: Pemkab Talaud siap sukseskan Program Sekolah Penggerak
  • Bagikan