MTPJ GMIM 6-12 Maret 2022 (Minggu Sengsara I) : Membangun spiritual melalui puasa diakonal

  • Bagikan

Tema Bulanan : Meningkatkan Integritas, Kompetensi dan Soliditas Pelayan
Tema Mingguan : Membangun Spiritual Melalui Puasa Diakonal
Pembacaan Alkitab : Yesaya 58:1-12

PEMILIHAN TEMA

Puasa merupakan salah satu ketetapan atau disiplin rohani yang diajarkan oleh Tuhan Allah kepada umat Israel dengan tujuan mencari hadirat Tuhan, merendahkan diri dan memohon ampun di hadapan Tuhan agar terjadi pendamaian dan pentahiran (bnd. Im. 16:29-31).

Kata “puasa” dalam bahasa Ibrani ialah “tsum” yang berarti menjauhkan diri dari makanan/berpantang makanan dengan cara merendahkan diri di hadapan Tuhan.

Selain itu, puasa juga diartikan sebagai suatu tindakan sukarela dengan menghindari makan, minum serta segala hal lain yang dapat memuaskan hasrat- hasrat psikis maupun fisik yang dilakukan pada masa tertentu dengan maksud untuk menahan diri dari segala hawa nafsu, merenung dan meningkatkan keimanan terhadap Tuhan.

Dalam lingkup Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) terdapat sebuah program rutin yang sudah dilakukan sejak tahun 1992 berkenaan dengan puasa yaitu “puasa diakonal”.

Untuk kata diakonal berasal dari kata diakonia yang berarti memberi kepada orang lain. Akhiran-al yang digunakan merupakan akhiran yang menunjukkan kata sifat.

Jadi, puasa diakonal dapat diartikan suatu tindakan sukarela untuk tidak atau mengurangi apa yang biasanya dimakan atau digunakan/dipakai guna diberikan kepada orang lain (yang membutuhkan).

Puasa diakonal dilaksanakan pada minggu-minggu sengsara. Hal tersebut bertujuan agar gereja mampu untuk memahami pengorbanan Yesus Kristus dan mampu untuk membangun hubungan spiritual bersama dengan Allah dan sesama dengan berdiakonia.

Baik secara karikatif (bantuan langsung), reformatif (pengembangan prakarsa melalui usaha dan keterampilan) maupun transformatif (pembebasan/perubahan hidup melalui pemberdayaan dan pengorganisasian).

Atas dasar pemahaman inilah, maka diberi tema perenungan : Membangun Spiritual Melalui Puasa Diakonal.

Baca Juga:  MTPJ GMIM 28 November - 4 Desember 2021 (Minggu Adven 1): Pengharapan akan keselamatan
  • Bagikan