Silian Raya menjadi yang pertama se-Sulut, 10 desa dinyatakan desa maju

  • Bagikan
Foto kolose : Camat Selvie Lendombela - TAPM Denny Sandag

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menjadi yang pertama se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dalam melaksanakan Pemuktahiran Status Perkembangan Desa IDM (Indeks Desa Membangun) tahun 2022.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten MinahasaTenggara, Denny Sandag mengatakan, sebelumnya dalam pemutakhiran data IDM tahun 2021, tercatat 10 desa di Kecamatan Silian Raya masih berstatus desa berkembang. Namun di tahun 2022 ini menunjukkan peningkatan dan dinyatakan sebagai desa maju.

“Saat ini 10 desa di Kecamatan Silian Raya telah mencapai status dari desa berkembang menjadi desa maju, serta tidak ada lagi desa dengan status tertinggal dan sangat tertinggal,” terang Denny Sandag.

Atas capaian dan berhasil mendorong percepatan pembangunan desa sehingga sudah tidak ada lagi desa tertinggal, Kepala Kecamatan (Camat) Silian Raya, Selvie Lendombela menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh pihak yakni para hukum tua dan jajaran perangkat desanya, para pendamping desa, serta seluruh masyarakat yang ikut berkontribusi dalam pemerataan pembangunan di Kecamatan Silian Raya.

“Keberhasilan ini juga tidak lepas dari kerja keras semua pihak. Maka saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh hukum tua dan perangkat desa, para pendamping desa, yang telah melakukan pendampingan sehingga tercapainya peningkatan terhadap status Indeks Desa Membangun di Kecamatan Silian Raya,” ucap Lendombela, Kamis (17/3/2022).

Berdasarkah hal tersebut pula, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Mitra ini turut menyampaikan rasa syukurnya karena pembangunan di tingkat pedesaan terus tumbuh baik berdasarkan Indeks Ketahanan Sosial (IKS) Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) yang menjadi dasar dalam mengukur IDM.

“Selamat atas pencapaian yang telah diraih. Menjadi desa maju adalah bukti keseriusan seluruh komponen desa dalam mewujudkan pembangunan yang maksimal,” ucapnya.

Baca Juga:  Dotulong : Tahapan Pilkada mengacu PKPU nomor 5 tahun 2020

Disamping itu, Selvie Lendombela juga menegaskan bahwa, ini menjadi bukti komitmen Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi dalam mendorong kemandirian desa melalui berbagai program agar supaya kesejahteraan masyarakat terus meningkat. (HENGLY)

  • Bagikan