Anggaran ketahanan pangan Desa Lobu Dua perkuat sektor peternakan dan perikanan

  • Bagikan
Peletakan batu pertama pembangunan kandang ternak oleh Hukum Tua Des Palembatas-Pematangan lahan di perkebunan Tiulun

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Upaya memperkuat ketahanan pangan di sektor peternakan dan perikanan, rencana program telah disusun Pemerintah Desa Lobu Dua, Kecamatan Touluaan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Mulai dari anggaran, ketersediaan bibit ternak, pakan, tenaga kerja, lokasi atau lahan ternak sampai infrastruktur penunjang, tengah dimatangkan pemerintah setempat.

Proses pematangan lahan ternak dan kolam ikan di perkebunan Tiulun

Bahkan saat ini, Pemdes Lobu Dua sementara mengerjakan infrastruktur penunjang baik kandang ternak maupun kolam budidaya ikan air tawar, yang lokasinya berada di perkebunan Tiulun.

“Saat ini sementara proses pematangan lahan budidaya ikan air tawar dan pembangunan kandang ternak. Dan anggaran untuk program ketahanan pangan ini sekitar 137 juta rupiah atau 20 persen dari pagu dana desa tahun 2022 yang mencapai 686 juta rupiah,” terang Palembatas kepada Beritasulut.co.id, Rabu (23/3/2022).

Kegiatan ini berkaitan dengan tenaga kerja, untuk itu Des Palembatas memastikan akan memberdayakan masyarakat untuk menjalankan program-program tersebut.

“Program ini juga guna memenuhi kebutuhan nabati di masyarakat. Kemudian setelah panen nanti, hasilnya akan masuk ke kas pendapatan asli desa atau PADes dan keuntungannya juga akan kembali dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat desa,” tukasnya.

Des Palembatas juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pendampingan guna suksesnya program ketahanan pangan di Desa Lobu Dua ini. (HENGLY)

Baca Juga:  Arnold Mokosolang : Hukum tua jangan coba-coba korupsi dana desa
  • Bagikan