Kadinsos Mitra Selvie Lendombela kumpulkan ratusan operator desa dan kelurahan

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengadakan sosialisasi sekaligus bimbingan teknis (Bimtek) bagi operator desa terkait aplikasi nasional Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) di halaman kantor Dinsos, Rabu (6/4/2022).

Kepala Dinsos Mitra, Selvie Lendombela mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar operator dalam pengelolaan data terpadu di tingkat desa dan kelurahan semakin handal guna mendapatkan data yang valid, akuntabel dan dapat diandalkan.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap para peserta bisa menjadi operator aplikasi SIKS-NG yang aktif dan cakap dalam entri data. Menghasilkan data yang lebih akurat, ril serta menjadi database data terpadu kesejahteraan sosial di masing-masing desa maupun kelurahan yan ada,” harap Lendombela.

Aplikasi SIKS-NG ini, Selvie Lendombela menjelaskan, memuat data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) kemensos yang menjadi acuan pemerintah pusat dalam menentukan masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial yang bersumber dari APBN, sesuai Permensos nomor 3 tahun 2021 tentang pengelolaan DTKS.

“Aplikasi SIKS-NG ini untuk verifikasi dan validasi, dan penetapan data yang diperlukan untuk memastikan aksesibilitas, keandalan, ketepatan waktu dan akuntabilitas data dalam penggunaannya,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti 135 orang operator yang merupakan perwakilan desa maupun kelurahan se-Kabupaten Mitra yang dibagi dalam dua sesi. (HENGLY)

Baca Juga:  Jumlah pemilih bertambah, wajib pilih di Mitra capai 84.727
  • Bagikan