Polres Mitra bantu warga terdampak banjir dan longsor di Belang dan Ratatotok

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di 2 kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Rabu 6 April 2022. Di Belang sebanyak 8 desa terdampak, sedangkan di Kecamatan Ratatotok menimpa 5 desa.

Kejadian banjir yang terjadi di wilayah Belang pada Rabu (6/4/2022) sekira pukul 16:15 WITA, diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi. Sehingga debit air di sungai Wawesen meningkat dan mengakibatkan banjir.

Banjir tersebut merendam 8 desa, dengan total warga terdampak berjumlah 2.172 kepala keluarga, sesuai data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara.

Sedangkan di Kecamatan Ratatotok, banjir dan tanah longsor melanda Desa Soyowan, Basaan, Basaan Satu, Moreah dan Moreah Satu dan terjadi pada pukul 16.00 WITA. Hal tersebut juga dikarenakan curah hujan yang tinggi yang membuat debit air di Sungai Soyowan dan Sungai Basaan meningkat sehingga ratusan rumah (119 kepala keluarga) tergenang air dan tanah longsor.

Kapolres Mitra AKBP Rudi Hartono pun langsung bergerak cepat. Terpantau sejak Rabu malam, piket Polres Mitra, Polsek Belang dan Polsek Ratatotok dikerahkan untuk bersiaga di lokasi kejadian bencana guna membantu masyarakat, mengatur lalu lintas dan melakukan evakuasi.

Sampai hari ini, Kamis (7/4/2022) mulai pukul 09.00 WITA, puluhan anggota Polres Mitra dan Polsek Belang kembali diterjunkan ke lokasi untuk bekerja bakti dengan warga di Kecamatan Belang. Sementara personel Polsek Ratatotok menuju Desa Soyowan.

Dimulai dengan apel yang dipimpin Kapolsek Belang IPTU Imanuel Lutham dan dilanjutkan pemberian arahan pimpinan oleh Kabag Ops Kompol Edi Suryanto, personel kemudian melaksanakan kerja bakti sesuai pembagian lokasi dan membantu warga yang terkena bencana dengan membersihkan rumah dan halaman dari material banjir.

Baca Juga:  Sertijab Kabag Ops dan Kapolsek Touluaan, Kapolres Mitra janjikan reward

Kapolres Mitra AKBP Rudi Hartono mengatakan, untuk kegiatan kerja bakti Polres Mitra menurunkan personel baik pejabat utama maupun bintara sehingga dapat membantu masyarakat dengan maksimal.

“Seluruh personil kami kerahkan untuk membantu melakukan evakuasi serta bakti sosial guna meringankan beban masyarakat yang terkena musibah,” tegas Hartono.

Adapun rincian desa yang terdampak banjir di Kecamatan Belang antara lain :

1. Buku Selatan : 172 kk, 1 unit rumah rusak berat dan 2 unit rumah rusak sedang
2. Buku Tengah : 238 kk, 3 unit rumah rusak berat
3. Buku Utara : 280 kk, 2 unit rumah rusak berat dan 2 unit rumah rusak ringan
4. Belang : 225 kk, 2 unit rumah rusak berat
5. Ponosakan Belang : 260 kk, 2 unit rumah rusak ringan
6. Buku Tenggara : 210 kk
7. Buku : 307 kk
8. Borgo Satu : 480 kk

Jumlah korban mengungsi sebanyak 42 kepala keluarga

Dampak bencana di Kecamatan Ratatotok sebagai berikut :

1. Desa Soyowan : 97 kk
2. Desa Basaan : 4 kk
3. Desa Basaan Satu : 11 kk
4. Desa Moreah Satu : 6 kk
5. Desa Moreah : 1kk (tanah longsor)

Jumlah : 119 kepala keluarga

(HPM/HENGLY)

  • Bagikan