Pengendalian pangan dan pengamanan Idul Fitri, Polres Mitra rakor lintas sektoral

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Secara virtual melalui zoom meeting, Polres Minahasa Tenggara (Mitra) mengikuti rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka pengendalian pangan dan kesiapan pengamanan perayaan Idul Fitri 1443 H serta Operasi Ketupat Samrat tahun 2022 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (8/4/2022) pukul 09.20 Wita, di Aula Polres Mitra.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno menegaskan, menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H khususnya di Sulut, diharapkan kepada personel yang terlibat dalam pengamanan hari raya Idul Fitri di posko pengamanan, pelayanan dan pos terpadu agar selalu mengantisipasi perkembangan situasi baik di sektor darat, laut maupun bandara.

“Dan selalu menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sehingga tercipta situasi aman dan kondusif,” tegas Kapolda Mulyatno.

Menyambut akan hal itu, Dir Intelkam Polda Sulut Kombes Pol Budi Herwanto menekankan juga terkait pengamanan agar para personel selalu mewaspadai adanya teror bom, baik pada rute jalur darat, laut maupun bandara.

“Dan mengecek penimbunan pangan bahan pokok serta mengantisipasi bencana alam baik longsor maupun banjir. Selanjutnya melakukan pengamanan kesiapan Sholat Id di setiap masjid yang menjalankan ibadah,” pesan Herwanto.

Assisten Gubernur Sulut dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa, perayaan Idul Fitri dan Ketupat adalah karakteristik yang menjadi tradisi umat Muslim dalam menyambut hari kemenangan, termasuk juga di Sulawesi Utara. Menurutnya, hal tersebut dapat berimplikasi pada distribusi ekonomi baik dari segi sembako maupun bahan bakar minyak.

Kesempatan yang sama pula, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut mengungkapkan, ketersedian barang kebutuhan pokok di Sulawesi Utara untuk komoditi pangan rata-rata konsumsi beras per kapita/tahun mencapai 91,37/kg, konsumsi minyak goreng 10,45 Liter, sedangkan konsumsi gula pasir = 80,67 ons = 8.067 kg.

Baca Juga:  Pemdes Tombatu siap maksimalkan APBDes 2021 untuk kemajuan desa

“Upaya kami dari pemerintah yaitu melakukan operasi pasar dan kesepakatan harga barang yang akan dijual. Serta membuka pasar murah bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 termasuk juga pada saat menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah,” ungkapnya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Polda Sulut beserta Polres jajaran akan melaksanakan operasi terpusat selama 12 hari, dalam rangka pemeliharaan keamanan dengan mengedepankan kegiatan Preventif dan Preemtif yang didukung pihak Gakkum.

Kegiatan ini juga bagian dari upaya memutus mata rantai covid-19 khususnya di Sulut. Dengan target operasi yaitu orang, benda, tempat maupun barang serta mengamankan distribusi sembako sembari mengecek apakah ada penimbunan bahan pokok.

“Operasi ini juga tujuannya agar terjaminnya rasa aman warga masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta terhindar dari wabah pandemi covid-19, menjaga stabilitas kamtibmas serta terwujudnya arus mudik yang lancar. Kemudian mencegah kerumunan massa, meminimalisir jumlah pelanggaran dan laka lantas serta memfasilitasi korban laka lantas,” terang Karo Ops Polda Sulut.

Kemudian nantinya juga akan melaksanakan kegiatan gelar pasukan dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 H, dengan melibatkan instansi terkait, TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Sat Pol-PP di masing-masing wilayah perbatasan kabupaten.

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno. Dan dihadiri Kapolres Mitra AKBP Rudi Hartono, Wakapolres Kompol Effendi Tubagus, Ketua MUI Mitra Abdul Kohar Sampage, Kadis PUPR Romi Ole, Sekretaris DPRD Mitra Nofri Raco, Kabag Pemerintahan Mintjie Batubuaja, Kasie Yankes Nofly Kario, para Kabag dan Kasat Polres Mitra serta seluruh kapolsek jajaran. (HPM/HENGLY)

  • Bagikan