Diskominfo Mitra mulai sosialisasikan pemutusan TV Analog ke Digital

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mulai mensosialisasikan pergantian saluran TV analog ke digital.

“Jadi akan ada peralihan siaran TV dari analog ke digital secara bertahap,” ujar Kepala Diskominfo-SP, Silvia Makaenas.

Makaenas menerangkan, hal tersebut sudah menjadi aturan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dan sementara dilakukan penyaluran Set Top Box (STB) TV digital.

“Penyaluran gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin dengan ketentuan memiliki TV digital. Tahap pertama sudah dan sementara dilakukan pemerintah hingga 30 April mendatang di beberapa kabupaten kota,” terang Makaenas.

Ia mengungkapkan, untuk wilayah Mitra sendiri masih menunggu jadwal melalui tahapan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Belum diinfokan kapan dan tahapan ke berapa. Ada tiga tahapan, April, Agustus dan November. Namun kami akan mensosialisasikan hal ini,” katanya.

Ia juga mengungkapakan, untuk siaran analog akan diputuskan secara bertahap, mulai dari 30 April sebagai tahap pertama. Tahap kedua pada 25 Agustus dan tahap ketiga pada 2 November, beriringan dengan penyaluran STB sebanyak 6,7 juta unit kepada masyarakat miskin.

“Syaratnya, penerima tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Lokasi rumah berada di cakupan yang terdampak ASO. Kemudian, KTP dan bisa dilakuan melalui aplikasi online milik Kementerian Sosial untuk divalidasi,” urai Makaenas. (HENGLY)

Baca Juga:  Dinas Ketahanan Pangan Mitra pantau stabilitas harga bapok di pasar
  • Bagikan