Lendombela tekankan pemdes dan kelurahan serius tangani usulan PBI JKN

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Nancy Lendombela, mengingatkan pemerintah desa dan kelurahan untuk seriusi usulan dan verifikasi Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam DTKS.

Sebab DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial merupakan basis data terpadu untuk program bantuan sosial pemerintah di semua kementerian. Dimana JKN termasuk di dalamnya.

“Hal ini kita ingatkan, sebab masih banyak desa maupun kelurahan yang belum mengusulkan dan melakukan verifikasi. Kami sudah meminta kepada camat untuk meneruskan persoalan ini,” ungkap Lendombela, Selasa (26/4/2022).

Menurut Lendombela, untuk proses usulan dan verifikasi data PBI JKN dalam DTKS akan memanfaatkan aplikasi SIKS-NG (Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation).

“Kami berharap pemerintah desa dan kelurahan segera melakukan usulan dan verifikasi tersebut pada aplikasi SIKS-NG periode Mei yang dibuka 5 hingga 11 Mei 2022,” tukasnya.

Sementara untuk cara penggunaan aplikasi SIKS-NG ini sebelumnya sudah diberikan bimbingan bagi seluruh operator desa dan kelurahan di Mitra. (HENGLY)

Baca Juga:  Menyambut Idul Fitri 1443 H, Alfamidi Wawali gelar bazaar murah
  • Bagikan