DP2KB Mitra gencar sosialisasi program KKBPK termasuk penanganan Stunting

  • Bagikan
Kepala Dinas P2KB Mitra, Hersi Tuuk

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) gencar dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Aktif turun ke desa-desa terlebih khusus di Kampung Keluarga Berkualitas (KKB), Kepala Dinas P2KB Mitra, Hersi Tuuk mengatakan, rogram KKBPK merupakan kegiatan strategis karena selain untuk menyasar masyarakat, juga untuk mengedukasi pemangku kepentingan dan penentu kebijakan semua tingkatan wilayah.

“Sosialisasi ini meliputi kependudukan, jenis alat, peran para kader KB serta pembangunan keluarga. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap program KKBPK, yang pada akhirnya mau berpartisipasi,” terang Hersi, Jumat (12/8/2022).

Selain itu, dirangkaikan juga dengan pembentukkan kelompok kegiatan terdiri yang dari keluarga akseptor dan kader KB. Termasuk pendampingan pencegahan dan penanganan stunting terhadap Tim Pendamping Keluarga (TPK).

“Kita juga lakukan monitoring di KKB dan klinik KKB, evaluasi pelayanan KB serta penyaluran Alokon. Termasuk mengidetifikasi kasus terkait audit stunting di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Mitra,” kata Hersi.

Ia pun menambahkan, di Mitra sudah ada desa percontohan terkait program Rumah Dataku, yakni Kuyanga dan Buku Utara. Dan menjadi etalase yang berfokus pada tiga aspek yaitu kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. (HENGLY)

Baca Juga:  Bersama DPRD bahas Rinparda dan LKPJ, sejumlah OPD Mitra dicecar pertanyaan
  • Bagikan