Pemkab Mitra lakukan penyusunan peraturan tentang kawasan tanpa rokok

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), tengah melakukan kajian dan penyusunan peraturan tentang kawasan tanpa rokok.

Hal ini guna menindaklanjuti kunjungan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berapa pekan yang lalu.

Bupati Minahasa Tenggara melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Arnold Mokosolang menjelaskan, guna menciptakan kabupaten yang sehat, perlu ada satu regulasi yang mengatur dan mengontrol aktivitas para perokok.

“Dalam peraturan ini baik Perda maupun Peraturan Bupati (Perbub) akan mengatur tempat-tempat yang dianggap tertutup, seperti kantor, rumah sakit, sekolah-sekolah, agar tak ada yang merokok sembarangan,” ujar Mokosolang saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/9/2022).

Peraturan ini lanjut Mokosolang, bukan melarang masyarakat untuk merokok, melainkan hanya mengatur kawasan atau tempat-tempat yang wajib tanpa ada asap rokok.

“Kami sangat menyambut baik kunjungan dari kementerian, dengan catatan nanti kami akan melakukan kajian-kajian tertentu berkaitan dengan upaya melahirkan peraturan ini,” tukas Mokosolang.

“Jadi ini peraturan bukan melarang untuk merokok, tapi mengatur kawasan-kawasan mana yang tidak boleh ada orang merokok di situ,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya peraturan ini akan menjadikan Kabupaten Minahasa Tenggara lebih sehat lagi dan menghindarkan perokok pasif dari para perokok aktif. (HENGLY)

Baca Juga:  Kapolres Rudi Hartono : Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 H
  • Bagikan