Disdik Mitra bawa tari Masambow-Tonsawang hentak Megamas Manado

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pentas seni budaya tari Masambow di kawasan pohon kasih Megamas Manado, Jumat (16/9/2022).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Mitra, Sarah Kindangen, Masambow adalah tarian warisan budaya suku Tonsawang yang mengangkat kearifan masyarakat setempat kedalam seni pertunjukan berbasis tradisi.

“Pementasan tari Masambow ini adalah pertama kali dalam sejarah bagi para pelajar yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara. Sebab bangsa yang maju adalah bangsa yang banyak mengembangkan seni budayanya,” ujar Kindangen.

Ia mengatakan, Pemkab Mitra terus mendukung upaya yang dilakukan Balai Bahasa Sulut dalam meningkatkan sumber daya manusia, secara khusus dalam meningkatkan kembali budaya yang sudah hampir hilang. Pihaknya pun terus mendorong setiap sekolah untuk mengembangkan potensi budaya yang ada di Kabupaten Mitra melalui Ex-School.

“Kami berharap budaya ini akan terus di lestarikan dan di pertahankan sehingga bisa di kenal bukan hanya di Mitra tapi juga ke tingkat nasional sampai mancanegara,” harapnya.

Diketahui pentas seni tari Masambow diikuti oleh siswa-siswi SMP 4 Tombatu di saksikan langsung oleh kepala Dinas Pendidikan Mitra dan Kepala Balai Bahasa Sulut. (HENGLY)

Baca Juga:  Ridel Lumintang surati Mabes Polri, Kompolnas, Ombudsman RI dan Kapolda Sulut
  • Bagikan