Upaya DLH Mitra jaga kelestarian Kebun Raya Megawati Soekarnoputri

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melaksanakan kerja bakti sekaligus penanaman pohon di Kebun Raya Megawati Soekarnoputri, Jumat (16/9/2022).

Kepala DLH Mitra, Desten Katiandagho mengatakan, giat ini dalam rangka persiapan kunjungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sekaligus juga menjaga kelestarian Kebun Raya Megawati Soekarnoputri.

“Harus tetap terjaga keberadaanya, karena keberadaan kebun raya ini juga menghadirkan beragam fungsi dan memiliki posisi penting dari sisi budaya dan ekonomi,” ucap Katiandagho.

Aspek tersebut, kata Katiandagho, harus di pikirkan termasuk ekologi dan pariwisata. Sebab, kebun raya tidak berdiri atas dasar lingkungan saja, masyarakat dan pemerintah juga dapat memetik manfaat ekonomi dan sosial dari keberadaannya.

“Karena pada perinsipnya pengembangan keberlanjutan kebun raya harus meliputi aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi. Di dalamnya terdapat fungsi lain seperti konserfasi, penelitian, pendidikan, pariwisata serta jasa lingkungan,” ujar Katiandagho.

Ia pun menegaskan, pihaknya terus melakukan pemeliharaan di Kebun Raya Megawati Soekarnoputri. Harapannya, supaya bisa menjadi zona penyeimbang temperatur dan pembersihan udara bagi wilayah di sekitarnya. (HENGLY)

Baca Juga:  Pemdes dan masyarakat Tombatu Dua Barat konsisten dalam penanganan covid-19
  • Bagikan