MTPJ GMIM 30 Oktober – 5 November 2022 : Komitmen pada perjanjian

  • Bagikan

Tema Bulanan : Firman Tuhan Allah, Berkuasa Memulihkan
Tema Mingguan : “Komitmen Pada Perjanjian
Bacaan Alkitab : Kejadian 15:1-21

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Komitmen adalah tindakan untuk melakukan sesuatu (Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI).

Dalam rumusan yang lain dikatakan bahwa komitmen adalah suatu persetujuan atau penyerahan diri untuk melakukan sesuatu diwaktu yang akan datang; sesuatu yang sifatnya mengikat dan diperjanjikan atau disetujui; keadaan atau kondisi di mana seseorang menjadi terikat atau diwajibkan melakukan sesuatu atau didesak secara emosional untuk melakukan seuatu.

Dari rumusan-rumusan di atas maka dapat dikatakan komitmen lebih dari sekedar perkataan atau melakukan sesuatu.

Sedangkan perjanjian pada hakekatnya sering terjadi didalam masyarakat bahkan sudah menjadi kebiasaan.

Perjanjian adalah suatu peristiwa di mana seseorang berjanji kepada seorang yang lain atau di mana dua orang itu sedang berjanji untuk melaksanakan suatu hal.

Perjanjian adalah persetujuan (tertulis atau dengan lisan) yang dibuat oleh dua pihak atau lebih masing-masing bersepakat akan menaati apa yang tersebut dalam persetujuan itu (Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI).

Banyak orang menyangka bahwa berjanji atau bersumpah dengan satu tangan di atas kitab suci dan satu tangan teracung dengan jari membentuk huruf V dapat digolongkan sebagai komitmen.

Kenyataan yang ada adalah janji atau sumpah yang dibuat seseorang kadangkala dilanggar. Dengan kata lain manusia suka berjanji tetapi terkadang tidak menepatinya.

Baca Juga:  MTPJ GMIM 17-23 Juli 2022 : Mengucap syukur menurut cara yang berkenan
  • Bagikan