Rektor UNSRAT orasi “Leadership dalam Peran Budaya” di perayaan HUT ke-16 Minahasa Tenggara

  • Bagikan
Rektor UNSRAT Manado Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Leadership dalam Peran Budaya“ dalam HUT ke-16 Mitra, Selasa (23/5/2023).

Ratahan, BERITASULUT.co.id – Ada yang berbeda dari perayaan HUT ke-16 Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) tahun 2023 ini dalam Rapat Paripurna DPRD Mitra, di Ratahan, Selasa (23/5/2023).

Rektor Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU, hadir dan diberi kesempatan menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Leadership dalam Peran Budaya“.

Ia mengatajan bahwa keberhasilan suatu institusi pemerintahan dalam mengemban tugas sebagai lembaga eksekutif bukanlah semata-mata tertuju kepada output.

Tetapi harus pula dinilai melalui proses identification of needs, sehingga fungsi penyelenggaraan pemerintahan dapat menjawab setiap kebutuhan masyarakat.

“Pada akhirnya, outcome dari tindakan pemerintah dapat dinikmati oleh masyarakat Minahasa Tenggara,” ujarnya.

Rektor Berty juga menekankan bahwa leadership dalam perspektif ilmiah yakni berbicara bagaimana individu mempengaruhi, mengarahkan, dan memotivasi kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

“Perspektif ilmiah tentang kepemimpinan dalam peran budaya mencerminkan pentingnya konteks budaya dalam memahami dan menerapkan kepemimpinan yang berhasil,” katanya.

(bsc)

Baca Juga:  Mahasiswa UNSRAT ini raih Juara I Pilmapres 2023 Tingkat Wilayah, bersiap ke Tingkat Nasional
  • Bagikan