RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), banyak mendapat apresiasi masyarakat.
Masyarakat yang mengurus adminduk mengakui layanan Disdukcapil Mitra semakin optimal, cepat, tuntas dan juga gratis. Terlebih, tidak lagi mengantre terlalu lama sehingga mereka merasa dimudahkan dalam pengurusan administrasi kependudukan.
Namun sayang, pelayanan yang optimal ini tidak didukung dengan sarana prasarana (Sarpras) yang ada di Kantor Disdukcapil Mitra yang dinilai kurang memadai.
Dari pantauan media ini, Rabu (15/11/2033), warga yang berada di dalam ruang tunggu pelayanan adminduk sering keluar masuk. Contohnya, Anggelina saat diwawancarai mengaku merasa tidak nyaman saat berada di ruangan tersebut.
“Di dalam (ruangan) panas, saya gerah dan keringetan makanya saya keluar masuk, padahal sudah sore hari. Di dalam ruangan tidak ada AC (pendingin ruangan, red),” keluh Anggelina, senada dengan warga lainnya.
Bukan itu saja, tampak juga kursi tunggu di depan kantor kurang memadai. Menyebabkan beberapa warga harus duduk di pelisiran samping kantor.
Hal tersebut pun diakui Kepala Dinas Dukcapil Mitra, Piether Owu, saat ditemui media ini. Ia membeberkan memang di dalam ruangan pelayananan adminduk tidak ada AC atau pendingin ruangan. Begitu juga kursi tunggu di depan kantor yang menurutnya sudah tidak lagi memadai.
“Kami upayakan tahun depan akan menganggarkan untuk pengadaan AC dan kursi tunggu. Nantinya kami menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada. Kami akan berusaha mencari solusi, agar masyarakat merasa nyaman,” beber Owu.
Disisi lain, Owu memastikan pihaknya akan terus memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat dan dipastikan cepat, tuntas dan juga gratis sesuai motto Disdukcapil Mitra. Ia pun mengajak masyarakat agar mengurus secara langsung layanan admiduk dan tidak melalui calo atau melalui titipan. (HENGLY)