2.751 anggota KPPS wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara dilantik serentak

  • Bagikan
Kolase foto : Ketua KPU Mitra Otnie Tamod (kemeja putih) memberikan pembekalan kepada PPK, PPS, KPPS dan pelantikan KPPS secara serentak, Kamis (25/1/2024)

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Sebanyak 2.751 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS yang tersebar di 393 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), secara serentak dilantik oleh 144 Ketua PPS.

Pelantikan serentak ini dimulai sejak pukul 09.00 Wita, Kamis 25 Januari 2023. Usai itu, dilanjutkan dengan penanaman pohon secara serentak se-Indonesia.

Pelantikan, penanaman pohon dan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pemungutan dan penghitungan suara di TPS dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Penanaman pohon secara serentak oleh KPPS

Untuk bimtek dilaksanakan selama tiga hari, sampai Sabtu 27 Januari 2024. Sementara untuk penanaman pohon yang dilakukan oleh KPPS sebanyak 2.751 pohon, sesuai dengan jumlah anggota KPPS yang dilantik.

“Program KPU ini sebagai bagian kepedulian terhadap lingkungan, karena pemilu kita masih menggunakan kertas untuk surat suara maupun kotak surat suara yang sumbernya dari bahan kayu. Makanya harus diganti dengan program reboisasi,” ujar Ketua KPU Mitra, Otnie Tamod.

Tamod melanjutkan, untuk proses Bimtek di bagi per wilayah. Dan setiap kecamatan ada beberapa titik lokasi yang akan digelarnya bimbingan teknis tersebut.

“Setiap titik Bimtek sebanyak 50 orang peserta. Ini kami lakukan agar materi yang akan dipaparkan dapat diserap dengan baik oleh para anggota KPPS,” terang Tamod.

“Kalau peserta terlalu banyak, jadi tidak efektif. Makanya, kami lakukan Bimtek dengan waktu yang cukup panjang dari pagi hingga sore hari, bahkan ada yang sampai malam. Karena harus dengan simulasi dan materi Sirekap,” jelasnya menambahkan.

Ia pun menerangkan, untuk pelaksanaan Bimtek akan dilaksanakan secara berjenjang. KPU RI melakukan Bimtek kepada KPU provinsi dan KPU provinsi melakukan Bimtek kepada KPU kabupaten/kota. Sementara KPU kabupaten/kota melakukan bimtek kepada PPK dan PPK melakukan bimtek kepada PPS. Sementara untuk Bimtek kepada KPPS, materinya akan disampaikan oleh PPS.

“Untuk itu kami berharap, KPPS dapat mengikuti dengan baik dan dapat mempraktekkan materi Bimtek ini saat menjalankan tugas di TPS pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang,” harap Ketua KPU Mitra ini. (HENGLY)

  • Bagikan