KPU Sulut Ajak Tokoh Masyarakat Jadikan Pemilu 2024 Sebagai Sarana Integrasi Bangsa

  • Bagikan
Kursus Singkat bagi Tokoh Masyarakat dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Demokrasi, bertempat di Hotel Luwansa, Manado, Selasa (6/2/2024).

Manado, BERITASULUT.co.id – Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa Politik Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Kursus Singkat bagi Tokoh Masyarakat dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Demokrasi, bertempat di Hotel Luwansa, Manado, Selasa (6/2/2024).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Fasilitasi Peningkatan Demokrasi Kemendagri Ispahan Setiadi, diampingi Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut Meidy Tinangon yang sekaligus menjadi salah satu narasumber dalam forum tersebut.

Meidy dalam pemaparan materi terkait “Peran KPU Sulut Mewujudkan Pemilu 2024 yang Berkualitas” menerangkan beberapa aspek penyelenggaraan pemilu seperti kerangka hukum pemilu, proses/tahapan pemilu, maupun penegakaan hukum pemilu.

“Seperti kita ketahui KPU mempunyai kewenangan yang mencakup semua hal teknis dalam pelaksanaan tahapan pemilu, dan untuk saat ini KPU sementara memasuki tahapan kampanye pemilu yang telah dimulai pada 28 november 2023 serta berakhir pada 10 Februari 2024,” ujarnya.

Setelah itu masa tenang 11-13 februari 2024 dan pemungutan dan penghitungan suara tanggal 14 Februari 2024.

“Selain itu kami juga tengah melakukan pengepakan dan pengesetan logistik pemilu ke dalam kotak suara untuk didistribusikan. Paling lambat pada tanggal 13 februari 2024 semuanya telah selesai didistribusikan ke semua TPS di desa/kelurahan,” katanya.

Tak lupa, Meidy mengajak semua yang hadir bersama-sama mewujudkan pemilu yang berintegritas jangan sampai ada polarisasi kelompok masyarakat tertentu.

“Jadikanlah pemilu ini sebagai sarana integrasi bangsa,” ajaknya.

Turut hadir sebagai narasumber Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulut Fery RJ Sangian, serta Philep Regar dan Ferry Daud Liando Akademisi Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado.

(ika)

Baca Juga:  Tingkatkan Pengamanan Siber dan Sandi Jelang Pemilu 2024, KPU Sulut Kolaborasi dengan BSSN
  • Bagikan