Hebat, Bupati FDW Terima 2 Penghargaan dari BKKBN Sulut

  • Bagikan

Manado, BERITASULUT.co.id – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH menerima penghargaan dari BKKBN Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) saat menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting tingkat Provinsi Tahun 2024, di Hotel The Sentra Manado, Minahasa Utara, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Optimalisasi Bonus Demografi dan Peningkatan SDM di Sulawesi Utara Menuju Indonesia Emas 2045’.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan piagam penghargaan kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulut kepada kampung KB Kasamaan Desa Munte sebagai kampung KB berbasis data digital terbaik tingkat Provinsi Sulut Tahun 2024 yang diserahkan oleh Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN RI kepada Bupati FDW.

Kemudian yang kedua Piagam penghargaan kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulut kepada Rumah Dataku Kasamaan Desa Munte sebagai rumah data kependudukan berbasis digital terbaik tingkat Provinsi yang diserahkan Kapolda kepada Bupati.

Kampung keluarga berkualitas adalah kampung yang mandiri, tentram, dan bahagia.

Dalam konsep lama disebut kampung keluarga berencana dengan wilayah setingkat desa/kelurahan yang memiliki kriteria tertentu dan terdapat keterpaduan program bangga kencana.

Kampung keluarga berkualitas adalah satuan wilayah setingkat kelurahan dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas di setiap desa/kelurahan.

Rumah data kependudukan di kampung KB adalah rumah yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pemanfaatan data kependudukan mulai dari mengunduh, membaca, mengidentifikasi, memverifikasi dan menentukan pilihan data kependudukan yang bersumberdari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kampung KB.

Baca Juga:  FDW-PYR kembali rombak jajaran, ini formasi terbaru Camat, Lurah dan Plt Hukumtua

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sulut yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Dr. Asripan Nani, M.Si., Kepala BKKBN RI yang diwakili oleh Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN RI Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si., M.Eng., Forkopimda Sulut, para Bupati, Wali kota, Wakil Bupati dan Wakil Wali kota.

Selain itu hadir juga Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Ir. Diano Tino Tandaju, M.Erg., Kepala Instansi Vertikal, para Kepala Perangkat Daerah membidangi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, para Direktur Rumah Sakit, Tokoh Agama, Pengurus Organisasi Wanita se-Provinsi Sulawesi Utara.

Bupati FDW didampingi Kepala Dinas PPKB bersama Jajaran dan Plt. Kepala Dinas Kominfo.

(*/toar)

  • Bagikan