https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

MTPJ GMIM 16-22 Juni 2024 : Ajarkan Berulang-ulang Perintah Tuhan

  • Bagikan

Bacaan Alkitab : Ulangan 6:1-9

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Mengapa manusia harus belajar berulang-ulang? Supaya dapat memahami, mengingat dan cakap mengamalkan apa yang dipelajari.

Manusia memiliki kemampuan otak yang berbeda dalam menangkap, merekam dan mengolah data, sebab itu pengajaran yang berulang dibutuhkan.

Manusia cenderung lupa pada sesuatu yang ditangkap sekilas atau dipelajari dalam waktu singkat.

Sebaliknya, sesuatu yang diulang-ulang memudahkan otak menyimpan memori dan mendorong orang dapat menerapkan pengetahuannya.

Mengajarkan berulang-ulang adalah strategi jitu dalam mendidik, berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter.

Demikian halnya perintah Tuhan Allah, pengetahuan dan kehendak-Nya harus diajarkan berulang-ulang agar orang percaya paham, ingat dan melakukan apa yang dikehendaki-Nya.

Pembentukan karakter sebagai umat Tuhan mustahil dicapai tanpa belajar perintah-Nya terus menerus.

Proses ini berlangsung dari dalam rumah, dengan menempatkan orangtua sebagai pendidik utama yang memberi perhatian penuh pada pertumbuhan rohani anak agar taat dan setia kepada Tuhan Allah.

Tema “Ajarkan Berulang-ulang Perintah Tuhan” menuntun perenungan di minggu ini, agar kita memahami dan menyadari tanggungjawab mewariskan iman.

Sehingga generasi selanjutnya tidak kehilangan arah di era canggihnya teknologi informasi dan kuatnya pengaruh cara hidup manusia yang hedonis, materialistis dan individualistis.

  • Bagikan