https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-5042428186675242

Bawaslu Sulut Kirim 154 Saran Perbaikan ke KPU Terkait Proses Coklit Data Pemilih Pilkada 2024

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Sulut Dr Ardiles Mewoh.

Manado, BERITASULUT.CO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah mengirimkan 154 catatan saran perbaikan ke KPU Sulut terkait proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih untuk Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Sulut Dr Ardiles Mewoh dalam kegiatan Media Gathering Mewujudkan Sukses Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Data Pemilih Berkualitas dalam Pilkada 2024, yang digelar KPU Sulut di salah satu rumah kopi di bilangan Sario, Kota Manado, Rabu (10/7/2024).

“Saran perbaikan ini merupakan temuan hasil pengawasan jajaran kami, baik tingkat panwascam hingga pengawas desa/kelurahan,” ujarnya.

Ia berujar, sampai 10 hari pelaksanaan coklit, Bawaslu Sulut sudah ada 154 saran perbaikan yang ditujukan ke KPU baik melalui kab/kota, kecamatan dan desa.

“Sampai saat ini kita sedang evaluasi soal berapa yang belum dan sudah ditindak lanjuti saran perbaikan,” ungkap Ardiles.

Ditegaskannya, sasaran dari pelaksaan coklit bukan sekedar mengejar persentase, namun kwalitas dari pelaksanaan coklit hingga pilkada nanti.

“Ini bukan soal berapa capaian persentase tapi bagaimana menghadirkan DPT yang berkwalitas yang ujungnya adalah pelaksanaan pilkada yang berkwalitas atau hasil yang berkualitas,” tegas Ardiles.

Untuk itu, lanjutnya, Bawaslu Sulut akan terus berkomitmen mengawasi proses coklit semaksimal mungkin.

“Sisa waktu tahapan coklit benar-benar bisa dimanfaatkan jajaran KPU,” katanya.

I
  • Bagikan