Giliran 3 Anggota IWO Manado sukses ikut UKW di LPDS Jakarta

  • Bagikan
Tiga Anggota IWO Manado, masing-masing Romel Najoan, Aldi Mawitjere, dan Verdynand Manopp, foto bersama peserta UKW lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, para penguji dan Direktur LPDS.

 

Tiga Anggota IWO Manado, masing-masing Romel Najoan, Aldi Mawitjere, dan Verdynand Manopp, foto bersama peserta UKW lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, para penguji dan Direktur LPDS.

JAKARTA, BERITASULUT.CO.ID — Untuk menjadi seorang wartawan profesional tentunya harus berkompeten. Kompetensinya seorang wartawan harus mengikuti tahap Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). UKW itu pun dilakukan dengan tiga tahapan yakni tahap Muda, Madya, dan Utama.

Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Manado, pada bulan April 2019 lalu ada 14 anggota yang telah mengikuti UKW tersebut yang digelar Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) di Jakarta, dan semuanya dinyatakan lulus.

Kini giliran tiga Anggota IWO lainnya melakukan hal yang sama, ikut UKW di LPDS Jakarta, Rabu (23/10/2019) hingga Jumat (25/10/2019). Lokasinya sama, di kantor LPDS, Lt 3 Gedung Dewan Pers Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Mereka yakni Romel Najoan, Aldi Mawitjere, dan Verdynand Manoppo. Dan mereka ikut UKW ini digabung dengan beberapa jurnalis lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Aceh, Medan, dan Ambon.

“Selama tiga hari kami digodok oleh penguji yang sangat berkompeten. Syukurlah kami bisa melewati tahap ujian satu per satu, karena apa yang diuji merupakan pekerjaan kami sehari-hari, dan kami sangat senang dan bangga bisa mengikuti UKW di LPDS, ilmu jurnalis kami bertambah,” ujar Romel, didampingi Aldi dan Verdinand.

Sementara itu, Ketua IWO Manado Agriyanto Reppy memberikan apresiasi kepada 3 Anggota IWO Manado yang telah mengikuti UKW di Jakarta. Meskipun sebelumnya rencana akan dlaksanakan di Kota Manado, namun batal karena belum bersinerginya kegiatan ini dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Manado yang awalnya menyetujui kegiatan ini.

“Meskipun batal dilaksanakan di Manado, namun mereka bertiga penuh semangat mengikuti UKW di LPDS di Jakarta. Ini karena tantangan ke depan yang mengharuskan seorang jurnalis harus berkompeten, sehingga mereka pun ikut UKW di Jakarta. Meski sebelumnya telah beredar UKW akan dlaksanakan di Manado, namun kami membatalkan UKW karena belum bersinerginya kegiatan ini dengan Dinas Kominfo sebagai instansi teknis,“ tandas Anto, sapaannya.

Baca Juga:  4 tim ini akan berjibaku di semifinal Press Futsal Competition 2019 IWO Manado

Dengan demikia, sudah ada 17 Anggota IWO Koya Manado yang sudah ikut UKW. 14 sebelumnya sudah menyandang wartawan kompeten dengan diterimanya sertifikat dan kartu kompetensi. Sedangkan tiga lainnya yang baru ikut akan menunggu sertifikat dan kartu selanjutnya yang akan diterima paling lambat 6 bulan kedepan.(DONWU)

  • Bagikan