Irup Hari Guru 2019, Walikota GSVL: Pemkot Manado sambut harapan baru Menteri Nadiem

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut irup Hari Guru Nasional tahun 2019 di lapangan Sparta Tikala, Senin (25/11/2019) pagi.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut irup Hari Guru Nasional tahun 2019 di lapangan Sparta Tikala, Senin (25/11/2019) pagi.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Guru Nasional ke-74 tahun 2019 di lapangan Sparta Tikala, Jln Balaikota, Senin (25/11/2819) pagi.

Di hadapan para guru dan murid yang mengikuti uoacara, Walikota GSVL mengatakan bahwa Pemerintah Kota Manado siap menyambut harapan baru dunia pendidikan Presiden Joko Widodo melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Harapan baru untuk para guru yang dimaksud adalah melakukan perubahan kecil di kelas.

“Guru harus mulai mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Guru harus memberikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas. Guru harus mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Guru harus menemukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Dan terakhir, antar guru harus menawarkan bantuan kepada guru lainnya yang sedang mengalami kesulitan,” ujar Walikota GSVL.

Dikatakannya, menghadapi era 4.0, Menteri Nadiem memandang tugas administratif yang dibebankan kepada para guru menghambat mereka untuk membantu para murid yang mengalami ketertinggalan di kelas.

Kurikulum yang terlalu padat dan kurangnya kepercayaan untuk berinovasi, dinilai juga menghambat para guru untuk berkarya demi kesuksesan anak didiknya.

“Jadi para guru harus melakukan perubahan kecil di kelas tanpa menunggu perintah. Perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” ujar Walikota GSVL.

“Selamat Hari Guru ke-74 tahun 2019, dan selamat bekerja kawan-kawanku guru di Kota Manado,” ucap suami tercinta Rektor universitas Negeri Manado (UNIMA), Prof Ir Julyeta PA Runtuwene MS DEA.(DONWU)

Baca Juga:  “GSVL pindah partai, ada kesan yang mengarah ke provokatif”
  • Bagikan