Cegah Covid-19, GSVL: Stop dulu jabat tangan dan cipika cipiki

  • Bagikan
Salam sebagai penggamti jabat tangan yang dilakukan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Komandan Lanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana.
Salam sebagai penggamti jabat tangan yang dilakukan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Komandan Lanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Jabat tangan atau bahkan cipika cipiki (cium pipi kanan, cium pipi kiri) sudah menjadi kebiasaan orang jika bertemu satu dengan lainnya. Tradisi ini sudah turun-temurun, bahkan sudah menjadi kebiasaan.

Nah, di situasi saat ini, dengan adanya wabah corona virus disease 2019 (Covid-19), kebiasaan tersebut harus dihindari atau jangan dulu dilakukan, sebagai upaya pencegahan virus tersebut.

Hal itu dikatakan Walikota GSVL saat memimpin Rapat Satuan Tuhas (Satgas) Pencegahan Penularan Covid-19 Kota Manado, di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Jln Balaikota Tikala, Senin (16/03/2020) siang.

“Bagi torang di sini (Manado, red) jabat tangan atau cipika cipiki sudah biasa jika kita saling bertemu. Saya himbau hal itu stop dulu, karena kita dalam upaya pencegahan meluasnya wabah Covid-19 ini,” ujarnya di hadapan peserta rapat.

“Mungkin ada yang merasa tersinggung jabat tangan orang kita tidak layani. Dan kita perlu menjelaskan alasannya kenapa menghindari jabat tangan atau cipika cipiki,” lanjut Walikota GSVL.

Sebagai pemggantinya, ada salam baru yang perlu dibiasakan jika bertemu orang. Yakni dengan meletakkan tangan kanan ke dada bagian kiri. Salam tersebut langsung diperagakkan di giat tersebut.

“Jadi sekali lagi, salam tersebut bukan semata-mata tidak menghargai orang lain, tapi sebagai upaya pencegahan penularan virus corona ini,” kata Walikota Manado dua periode ini.

Hadir dalam rapat antara lain Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE, Forkompimda, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, para Kepala Perangkat Daerah, Direksi RSUD Manado, para Kepala Puskesmas, Palang Merah Indonesia (PMI), dan instansi terkait lainnya.(DONWU)

Baca Juga:  Walikota GSVL pastikan trayek mikrolet ke Pasar Kayu Bulan berjalan baik
  • Bagikan