Ikut upacara virtual Hari Lahir Pancasila dengan Jokowi, GSVL: Mari torang gotong royong hadapi Covid-19

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengikuti upacara virtual Hari Lahir Pancasila dengan Presiden Jokowi, Senin (01/06/2020).
Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengikuti upacara virtual Hari Lahir Pancasila dengan Presiden Jokowi, Senin (01/06/2020).

MANADO, BERITASULUT.co.id – Hari ini, Senin (01/06/2020), bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan kali ini digelar secara virtual, yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Para pejabat negara dan daerah ikut dalam upacara tersebut dari tempat berbeda. Salah satunya Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) yang mengikuti upacara virtual itu dari rumah kediamannya di Godbless Hill Malalayang.

Upacara didahului pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu Ketua DPR Puan Maharani yang membacakan teks UUD 1945. Kemudian dilanjutkan amanat Presiden Jokowi, sambutan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy serta pembacaan doa. Upacara ini digelar dalam durasi kurang dari 30 menit.

Walikota GSVL usai upacara mengatakan kalau makna dari peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah mengangkat kembali dan memperkuat gotong royong rakyat Indonesia, khsususnya dalam pencegahan bersama pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

“Ayo, mari torang bersatu, gotong royong fokus untuk masuk dan menyesuaikan dengan tatanan normal baru. Jadikan life style protokol kesehatan supaya torang bisa terhindar dari Covid-19. Salam sehat,” ujar Walikota GSVL.

Mengutip pidato Presiden Jokowi, GSVL mengatakan kalau tantangan yang dihadapi saat ini tidaklah mudah. Tahun ini atau bahkan tahun depan, situasi yang sulit masih akan dihadapi.

“Situasi yang memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras agar kita mampu melewati masa sulit itu. Kita harus optimis, kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19 ini. Selamat memperinghati Hari Lahir Pancasila,” ujar Walikota GSVL.(DONWU)

Baca Juga:  2563 tenaga kerja terima bansos Pemkot Manado: Terima kasih Pak Walikota
  • Bagikan