Sebelum masuk ke cluster Covid-19 Pinasungkulan, ini yang dipersiapkan GSVL

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut memantau Pasar Pinasungkulan.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut memantau Pasar Pinasungkulan, Rabu (03/06/2020) hari ini dan memastikan rekayasa berjalan lancar.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Upaya dan tindakan nyata terus ditunjukkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado di bawah pimpinan Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor D Bastian beserta jajaran dalam menekan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-2019 di Kota Manado.

Berbagai program baik bersifat sosialisasi pengedukasian kepada masyarakat terkait protokol kesehatan, yang diikuti dengan tindakan nyata pun telah dan sementara dilaksanakan oleh Pemkot Manado.

Salah satu tindakan yang diambil pasca ditetapkan salah satu kluster baru Pasar Pinasungkulan, yang terkonfirmasi adanya peningkatan kasus Covid-19 di area pasar yang berlokasi di Karombasan, Kecamatan Wanea tersebut.

Maka Walikota GSVL pun langsung bertindak dengan melakukan rekayasa Pasar Pinasungkulan, setelah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado dan PD Pasar Kota Manado.

Rekayasa tersebut sudah dilakukan sejak pecan lalu. Dan untuk memastikan pelaksanaan tetap berjalan lancer, maka Walikota GSVL kembali melakukan peninjauan langsung ke Pasar Pinasungkulan, Rabu (03/06/2020) pagi tadi.

“Peninjauan rekayasa Pasar Pinasungkulan ini saya lakukan sambil memastikan apakah yang telah kita atur selama ini, baik itu penjagaan jarak, pengecekan suhu tubuh dan pakai masker berjalan lancar,” ujar Walikota GSVL.

Tidak takutkah ia mengunjungi pasar yang sampai saat ini masih menjadi cluster penyebaran Covid-19 di Kota Manado? Ini yang dilakukannya sebelum turun lapangan.

Yang pasti GSVL datang ke pasar ini sudah mempersiapkan diri, memakai alat pelindung diri (APD) lengkap. Mulai dari masker, face shield, hingga kaus tangan, dan berdoa sebelumnya.

“Banyak yang bertanya kenapa saya memakai APD seperti itu? Karena saya juga melindungi diri saya dan melindungi orang-orang yang saya temui. Karena kita tidak tahu darimana virus ini datang,” ungkap Walikota GSVL.

Baca Juga:  Bapelitbangda Manado ikut webinar “Ketangguhan Banjir Perkotaan” bersama Bappenas

Selain itu meninjau rekayasa pasar, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado ini juga melakukan pengecekan kepada para petugas medis yang bertugas, khususnya di Puskesmas Ranotana Weru.

“Saya juga melakukan pengecekan kesiapan rekan-rekan petugas di Puskesmas, yang memantau terus hasil rapid test, karena ada beberapa hasil swab menunjukkan hasilnya positif dan itu harus dibawa ke rumah sakit untuk diisolasi,” kata Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini.

Dalam memantau pasar tersebut, Walikota GSVL didampingi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado.(DONWU)

  • Bagikan