GSVL berharap BPKP kawal kegiatan Pemkot Manado di tengah Covid-19

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut sharing dengan Kepala BPKP Perwakilan Sulut Setya Nugraha, usai menerima penghargaan KAPIP Level 3.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut sharing dengan Kepala BPKP Perwakilan Sulut Setya Nugraha, usai menerima penghargaan KAPIP Level 3.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Kota Manado melalui Inspektorat Kota Manado, yang berhasil mendapatkan penghargaan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (KAPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Ini sebuah prestasi tersendiri di tengah pandemi corona virus disease 2029 atau Covid-19 yang tengah mewabah saat ini, tak membuat Pemerintah Kota Manado mengabaikan tugas-tugas lainnya.

Piagam penghargaan diterima langsung Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dari Kepala BPKP Perwakilan Sulut Setya Nugraha, bertempat di kantor BPKP Perwakilan Sulut, Jln Dipenogoro Mahakeret Timur, Kota Manado, Rabu (10/06/2020).

Walikota GSVL berujar, ia berpikir kalau Level 1 yang diraih tahun sebelumnya merupakan level tertinggi, ternyata tidak. Karena itu ia mendorong Inspektorat agar berusaha keras mencapai level terbaik.

“Sebelumnya, kita mendapatkan penghargaan Level 1, saya kira itu tertinggi ternyata paling rendah. Kemudian saya instruksikan Inspektorat, saya tidak mau tahu di ujung kepemerintahan saya pokoknya kita harus dapat Level 3. Akhirnya lewat kerja keras pihak Inspektorat dan bimbingan dari BPKP kita bisa mewujudkan itu,” ucap Walikota senang.

Ia pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada BPKP yang terus memberikan bimbingan dan dorongan kepada Inspektorat Kota Manado untuk mendapat hasil yang lebih baik.

“Terima kasih BPKP yang terus mendukung mengasistensi kami. Saya juga harap BPKP tetap mengawal setiap kegiatan kami di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya kembali.

Inspektur Atto Bulo mengakui, apa yang diraih oleh Inspektorat Kota Manado dengan meraih Level 3 ini, semua atas arahan dan petunjuk dari Walikota GSVL, Wakil Walikota Mor Bastiaan dan Sekda Micler CS Lakat.

“Juga didukung oleh semua perangkat daerah, dan tentunya di bawah bimbingan Kepala BPKP Perwakilan Sulut Pak Setya Nugraha bersama tim,” kata Bulo.

Baca Juga:  Hadapi Covid-19, Jokowi beri peluang JPAR lebih masif edukasi masyarakat

Adapun Setya Nugraha menjelaskan, Level APIP itu dari 1-5, secara nasional kurang dari 50 persen yang mendapat level 3, yang dapat level 4 baru dua instansi. Artinya, memang tidak mudah untuk sampai ke titik ini.

“Saya harap pemerintah kota tidak cepat bangga dengan capaian ini. Jangan cepat puas, tanggung jawab lebih berat karena menyandang level 3. Terus beri value, ibaratnya Inspektorat ini jadi mata dan telinga pemerintah, jadi tempat bertanya, tempat meminta saran. Jadi teruslah berkarya, sekali lagi selamat,” ujarnya.

Diketahui, penghargaan ini menambah koleksi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dimana sebelumnya Pemkot Manado telah meraih penghargaan, antara lain dari Opini WTP dari BPK-RI, dan mendapatkan nilai SAKIP BB dari Kementerian PAN-RB.(DONWU)

  • Bagikan