Manado Fiesta 2020 digelar virtual, jadi event pariwisata virtual pertama di Indonesia

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut memimpin rapat persiapan Manado Fiesta Virtual 2020.

 

Walikota Manado GS Vicky Lumentut memimpin rapat persiapan Manado Fiesta Virtual 2020.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Pandemi Covid-19 membuat berbagai rencana menjadi buyar. Event Manado Fiesta misalnya, kena imbas. Beberapa tahun terakhir ini digelar secara spektakuler, namun tahun ini tak bisa digelar.

Hanya saja, ide cemerlang Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) keluar. Ya, Pemerintah Kota Manado menggagas event Manado Fiesta 2020 digelar secara virtual untuk mengenalkan destinasi wisata daerah itu di tengah pandemi Covid-19, dan juga sebagai ruang ekspresi kreatif.

Walikota GSVL langsung menggelar zoom meeting bersama pihak terkait Kamis (11/06/2020). Dimasa pandemi yang saat ini, Manado Fiesta diselenggarakan dalam format virtual dengan tidak mengurangi esensi utama kegiatan yang memberikan tontonan dan tuntunan bagi masyarakat dan menjadi ajang kreativitas para pelaku kreatif di Bumi Nyiur Melambai ini.

“Manado Fiesta 2020 nantinya akan menjadi festival virtual pertama dan diharapkan dapat menjadi pemantik dalam upaya mensosialisasikan protokol pariwisata Covid-19 yang diterapkan guna kepentingan industri pariwisata juga merupakan langkah persiapan menuju era normal baru di dunia pariwisata Indonesia seperti harapan Presiden RI Joko Widodo,” ujar Walikota GSVL.

Sehingga dalam rapat tersebut, ia mengarahkan agar persiapan Manado Fiesta Virtual agar dikonsep dengan baik dan matang segala persiapannya termasuk menyurati Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan mengundang Menparekraf melaunching Manado Fiesta Virtual 2020.

“Ini perlu mendapat dukungan kita semua, karena Manado Fiesta Virtual 2020 ini, menjadi kalender pariwisata virtual pertama di Indonesia. Yang membanggakan lagi, kita mendapat respon dan dukungan positif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif termasuk webinar pariwisata Kota Manado mendapat perhatian peserta, bukan hanya dari dalam negeri namun juga dari beberapa negara diantaranya Amerika dan Cina,” ujarnya.

Baca Juga:  Manado 3 tahun berturut raih SAKIP “BB” bikin Bupati Elly Lasut terpikat belajar dari Wali Kota GSVL

Ketua Panitia Manado Fiesta 2020 Coretta Kapojos pada kesempatan itu menyampaikan rencana jadwal event tersebut, dimana sesi pertama akan diselenggarakan 18 Mei – 30 Juli 2020, dan dapat diakses secara digital melalui www.manado-fiesta.com, serta media sosial Facebook, Instagram, YouTube dengan alamat @manadofiestaofficial, serta dan Spotify @manadofiestapodcast.

“Selain mengedukasi masyarakat lewat Manado Fiesta Peduli covid-19, event ini juga tetap kita membranding Manado Fiesta sebagai upaya kita terus mempromosikan pariwisata,” ujar Kapojos.

Hadir mengikuti zoom meeting tersebut, antara lain Kadis Pariwisata Lenda Pelealu, Kadis Kominfo Erwin Kontu, Kabag Pemhumas Sonny Takumansang serta jajaran pejabat Dinas Pariwisata Kota Manado.(DONWU)

  • Bagikan