Bersama KPK dan BPKP, Walikota GSVL ajak ‘Baku Jaga Bansos’

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat dialog interaktif "Baku Jaga Bansos" di RRI Manado, Selasa (17/06/2020) pagi.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat dialog interaktif “Baku Jaga Bansos” di RRI Manado, Selasa (17/06/2020) pagi.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) menjadi narasumber dalam dialog interaktif terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah, yang digelar di RRI Manado, Selasa (17/06/2020) pagi.

Selain Walikota GSVL, narsum lainnya yakni Kepala Satgas Koordinasi Pencegahan Wilayah III Komisi Pemberntasan Korupsi (KPK) Aida Ratna Zulaiha yang live dari Jakarta, dan Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) BPKP Perwakilan Sulut Mardiyanto Arif.

“Saya mengajak semua pihak, bersama KPK dan BPKP, kita bersama-sama ‘Baku Jaga Bansos’, saling mengawasi dalam rangka bantuan bagi rakyat yang terdampak Covid-19,” ujar Walikota GSVL.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan kalau Pemerintah Kota Manado telah menyalurkan bansos berupa bahan pokok tahap pertama kepada warga yang terdampak Covid-19.

Dilansir dari laman kpk.go.id, saat ini KPK telah meluncurkan aplikasi pelaporan bansos yaitu JAGA Bansos untuk menampung keluhan masyarakat tentang penyimpangan atau penyalahgunaan bansos di lapangan.

Keluhan atau laporan yang masuk ke JAGA Bansos, selanjutnya akan disampaikan KPK kepada pemda terkait.

Informasi dari masyarakat ini diteruskan melalui unit Koordinasi Wilayah Pencegahan KPK yang melakukan pendampingan dan pengawasan dalam perbaikan tata kelola pemerintah daerah di 34 provinsi yang meliputi 542 pemda. Selanjutnya, KPK akan memonitor tindak lanjut penyelesaian atas laporan dan keluhan masyarakat tersebut.

Dengan aplikasi ini, KPK mendorong pelibatan dan peran aktif masyarakat untuk turut mengawasi dan menyampaikan informasi jika terjadi penyimpangan dalam penyaluran bansos.

Harapannya, pengawasan bersama ini dapat memperbaiki mekanisme penyaluran bansos dan memastikan masyarakat yang terdampak di masa pandemi mendapatkan haknya.(DONWU)

Baca Juga:  Pemkot Manado Raih Bhumandala Kanaka dan Bhumandala Kencana Tahun 2020
  • Bagikan