Transparan, Pemkot Manado gandeng pers kawal penyalurkan bansos Covid-19

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Kadis Sosial Sammy Kaawoan.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Kadis Sosial Sammy Kaawoan.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Kota Manado sementara menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada warga Kota Manado akibat pandemi corona virus disease 2019 atau Covid-19 untuk tahap II.

Sebagai bentuk transparansi dan pertanggung-jawaban ke publik, maka Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) meminta instansi terkait yakni Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) untuk melibatkan pers dalam penyaluran bansos ini.

“Perintah Pak Walikota, penyaluran bansos Covid-19 di Kota Manado tidak ada yang ditutup-tutupi. Sehingga sebagai bentuk transparansi, maka Pemkot Manado melibatkan pers dalam mengawal proses penyaluran di kelurahan-kelurahan,” ujar Kadis Sosial Sammy Kaawoan, Jumat (17/07/2020) siang.

Dikatakannya, tugas pers dalam pengawasan penyaluran bansos Covid-19 ini, selain mengawasi, mengedukasi masyarakat, juga memberitakan.

“Mengawasi, yakni melihat proses penyaluran bansos, supaya tidak ada aparat pemerintahan atau kepala lingkungan yang memyalah-gunakan. Mengedukasi, masyarakat yakni memberikan pemahaman soal bansos ini supaya mengecek terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak. Kemudian memberitakan, yakni ikut memberitahukan ke masyarakat proses penyaluran bansos ini supaya masyarakat tahu,” terang Kadis Sammy Kaawoan.

Untuk itu, ia kembali mengingatkan kembali warga agar saat menerima pekt bansos mengecek terlebih dahulu paket yang disalurkan, agar tidak terjadi kesalah-pahaman di kemudian hari.

Adapun paket bantuan terdiri dari beras lokal kemasan 10 kilogram, ikan kaleng 180 gram sebanyak 15 kaleng, dan masker 4 buah.

“Pastikan paket tidak ada yang kurang dan kadaluwarsa. Jika ada masalah, langsung lapor kepada pala, lurah, camat atau tim pengawas. Jangan nanti sudah dua hari atau lebih baru dilaporkan,” tukas Kaawoan.

Selain pers, dalam penyaluran bansos ini juga dikawal oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Tagana, dan tim pengawas independen.(DONWU)

Baca Juga:  Manado sabet penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019
  • Bagikan