Hadapi Covid-19, Jokowi beri peluang JPAR lebih masif edukasi masyarakat

  • Bagikan
Ketua TP-PKK Kota Manado Julyeta PA Runtuwene (JPAR) membagi-bagikan masker hingga kepada dasa wisma. Inzet: Presiden Joko Widodo.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 111.455 per Minggu (02/08/2020). Dia mengaku heran dengan kasus positif yang terus melonjak tinggi dan belum diketahui sebab utamanya.

Untuk menangani lonjakan kasus positif corona di dalam negeri, Jokowi menginginkan jajaran kementerian terkait dan lembaga negara untuk fokus melakukan sosialisasi pencegahan penularan corona dalam kurun waktu 2 minggu ke depan.

Bahkan Jokowi meminta keterlibatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk menggalakkan sosialisasi yang lebih masif kepada masyarakat.

“Saya ingin ini melibatkan PKK, coba PKK. Istri Mendagri, saya enggak tahu kalau ibu-ibu khawatir masalah covid mungkin kita rem. Tapi kalau ibu-ibu siap, saya kira PKK ini, saya pikir sangat efektif door to door edukasi masyarakat termasuk urusan masker,” ujar Jokowi, diberitakan GridHEALTH.id.

Lebih lanjut, Jokowi berkeinginan sosialisasi protokol kesehatan dimasifkan dan difokuskan mulai 2 minggu ke depan, baik terkait penggunaan masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak, dan tidak membuat kerumunan.

Dengan keterlibatan PKK, Jokowi berharap bisa mengubah perilaku masyarakat untuk lebih disiplin protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19.

“Perubahan perilaku ini benar-benar harus kita lakukan dengan komunikasi mungkin di TV, di medsos (Media Sosial) secara masif selama 2 minggu ini dengan cara-cara yang berbeda,” harap Jokowi.

Apa yang menjadi instruksi Jokowi ini nampaknya sudah menjadi feeling Ketua TP-PKK Kota Manado Julyta PA Runtuwene (JPAR). Ia sudah melakukannya dengan berbagai cara, baik pembagian masker hingga pembuatan disinfektan.

Isteri Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) ini bersama TP-PKK Kota Manado membagikan masker bagi pengurus kecamatan, kelurahan dan lingkungan sampai Dasa Wisma dan para kader.

Baca Juga:  GSVL “bakobong” dengan Poktan Mapalus dan Makaruyen Winangun

“Program ini turut mengamalkan program pokok PKK di bidang kesehatan. Semoga masa pandemi Covid-19 ini bisa dilewati para keluarga di Kota Manado dengan tetap sehat dijauhkan dari wabah virus corona,” ujar JPAR.

Ia kemudian meminta kepada seluruh pengurus TP-PKK, Dasa Wisma dan kader untuk menjadi garda depan dalam mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, dengan tetap mempedomani protokol kesehatan.

“Selalu pakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan, menjaga jarak satu dengan lainnya, dan di rumah saja jika tidak penting untuk keluar rumah. Jagalah keluarga masing-masing dari virus ini,” kata JPAR.(GHI/DONWU)

  • Bagikan