JPAR ajak mama-mama Kecamatan Wanea paham protokol Covid-19

  • Bagikan
TP-PKK Kota Manado, Prof Dr Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) terus mengedukasi pencegahan penyebaran Covid-19.
TP-PKK Kota Manado, Prof Dr Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) terus mengedukasi pencegahan penyebaran Covid-19.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Kampanye sekaligus edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado, Prof Dr Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR).

Dan Sabtu (15/08/2020) sore, Prof JPAR bertemu mama-mama atau ibu-ibu di Kecamatan Wanea, yang digelar di halaman kantor kecamatan setempat. Prof JPAR dan tim disambut Camat Mario Karundeng bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Wanea, para Lurah dan Kepala Lingkungan, hingga kader PKK.

Dikatakanya, Covid-19 yang masih menjadi ancaman kesehatan belum tahu kapan berakhir. Sehingga ia mengajak mama-mama di Kecamatan Wanea agar paham terhadap protokol kesehatan Covid-19.

“Mama-mama harus menjadi pelopor di keluarga dan lingkungan, bagaimana memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Caranya mudah, yakni sering mencuci tangan, jika keluar rumah menggunakan masker dan menjaga jarak satu dengan lainnya,” ujar isteri Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) tersebut.

Dikatakannyam Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mempercayakan TP-PKK untuk menjadi motor penggerak dalam sosialisasi dan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19.

“Masa pandemi saat ini kita diwajibkan selalu menggunakan masker agar memutuskan mata rantai penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Jika kita temukan masih ada yang tidak menggunakan masker, tegur dan berikan edukasi. Tujuannya, tidak lain untuk melindungi kesehatan dan keselamatan bersama,” tukas Prof JPAR.

Direktur Poltekes Manado Dra Elisabeth Barung MKes Apt selaku pemateri, memberikan pengarahan dan sosialisasi adaptasi ‘new normal’ serta peran perempuan sebagai pemutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang dimulai dari rumah.

“Mama-mama mempunyai peran untuk selalu mengingatkan anggota keluarga lainnya agar selalu mengikuti protap kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Peran mama-mama begitu penting,” ujar Barung.

Baca Juga:  Giliran mama-mama Kecamatan Mapanget dapat sentuhan JPAR, edukasi Covid-19

Pada kesempatan itu, Prof JPAR selain membagikan masker, juga memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada balita serta Posyandu.

Ikut mendampingi Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) Kota Manado Sammy Kaawoan mewakili Walikota Dr GS Vicky Lumentut.(DONWU)

  • Bagikan