IKM/UMKM Manado Go Export, Wamendag Jerry Sambuaga dan Walikota GSVL demo kukis cucur

  • Bagikan
Wamendag Jerry Sambuaga dan Walikota Manado GS Vicky Lumentut demo menggoreng kukis atau kue cucur, di sela giat Kick Off Duta IKM/UMKM, Sabtu (03/10/2020).
Wamendag Jerry Sambuaga dan Walikota Manado GS Vicky Lumentut demo menggoreng kukis atau kue cucur, di sela giat Kick Off Duta IKM/UMKM, Sabtu (03/10/2020).

MANADO, BERITASULUT.co.id – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dr Jerry Sambuaga dan Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) demo menggoreng kukis atau kue cucur, kue khas masyarakat Kota Manado.

Demo itu dilakukan menjadi bagian dari launching kegiatan Kick Off Duta IKM/UMKM (Industri Kecil dan Menengah / Usaha Mikro, Kecil, Menengah) Go Export, yang digelar di Godbless Park atau Taman Berkat, Jln Piere Tendean Boulevard, Manado, Sabtu (03/10/2020).

Kegiatan tersebut kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN), yang disponsori oleh OVO.

Dalam kesempatan tersebut, Wamendag Jerry Sambuaga yang menyampaikan bahwa Kick off Duta IKM/UMKM itu diharapkan Kota Manado memiliki lebih banyak pelaku UMKM yang bisa mengirim produknya ke luar negeri.

“Indonesia merupakan negara yang punya potensi besar jadi eksportir karena memiliki sumber daya, disitulah peran UMKM yang akan mengolah dan memproduksi,” ujarnya.

Untuk itu, pemerintah pusat sangat mendukung upaya peningkatan UMKM, sebab terbukti UMKM itu sokoguru ekonomi bangsa.

“UMKM paling tahan diterpa goncangan ekonomi. Di pandemi ini, tak sedikit memang UMKM yang terdampak tapi banyak yang langsung bangkit,” kata putra Kawanua ini.

Adapun Walikota GSVL mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi titik awal menandakan Kota Manado sedang disiapkan untuk nantinya produk akan dikemas dan akan lakukan kegiatan ekspor.

Untuk itu ia menyampaikan terima kasih kepada Wamendag Jerry Sambuaga yang mengambil waktu secara khusus melakukan kick off ini.

Dan apa yang dilakukan saat itu, kata dia, harus mendapat dukungan penuh. Bahkan kegiatan UMKM dapat terus dikembangkan agar perekonomian di Kota Manado di tengah pandemi Covid-19 ini tetap berjalan.

“Kami berharap di tengah pandemi Covid-19 ini, kota Manado bisa bangkit lagi ekonominya dengan produk-produk dari UMKM,” ujar Walikota GSVL.

Baca Juga:  Ini pesan Walikota GSVL kepada Paskibra Manado saat pelatihan keterampilan

Ia berharap kepada pelaku IKM/UMKM untuk memanfaatkan waktu yang telah di-launching ini, karena mendapat perhatian penuh dari pemerintah, baik dari Pemkot Manado, Pemprov Sulut, hingga pemerintah pusat melalui Kemendag.

“Berkreasilah, berinovasi dengan baik dan hasilkan produk-produk dengan kualitas yang baik serta tetap menjaga kontinitasnya sekali berproduksi terus jangan berhenti,” ajak Walikota Manado dua periode pilihan rakyat ini.

Di satu sisi, Walikota GSVL berharap agar masyarakat Kota Manado senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dengan tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih dan sehat.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli, Dandim 1309 Manado Kolonel Inf YR Raja Sulung Purba, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Ronald Sorongan, serta perwakilan KADIN Sulut.(DONWU)

  • Bagikan