Pemkot Manado dan KPU samakan persepsi data pemilih, GSVL: Kita transparan

  • Bagikan
Walikota GS Vicky Lumentut dan KPU Jusuf Wowor di sela FGD Pemutakhiran Data Pemilih, Senin (05/10/2020).
Walikota GS Vicky Lumentut dan KPU Jusuf Wowor di sela FGD Pemutakhiran Data Pemilih, Senin (05/10/2020).

MANADO, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menggelar kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) Pemutakhiran Data Pemilih dalam upaya membantu KPU Kota Manado guna pemuktahiran data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Kota Manado.

Kegiatan yang digelar di Ruang Serbaguna Kantor Walikota, Senin (05/10/2020) pagi, dihadiri langsung Walikota Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Ketua KPU Manado Jusuf Wowor.

Kegiatan strategis ini merupakan perwujudan Undang-Undang tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Intinya, pemberian data DP4 menjadi kewenangan dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bukan lagi dari Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota.

Tugas Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota adalah untuk membantu KPU Daerah dalam pemutakhiran data Kependudukan DP4. Caranya adalah dengan mendata penduduk yang meninggal, pindah, menjadi TNI/Polri atau pensiunan TNI/Polri atau yang belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Walikota GSVL menegaskan, berdasarkan latar belakang tersebut, maka Pemkot Manado melaksanakan kegiatan FGD demi kelancaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020 di Kota Manado.

“Tujuannya yakni menyandingkan data pemilih dengan pemutakhiran data. Sehingga terjadi persamaan persepsi antara pemerintah dengan penyelenggara, yaitu KPU, Banwaslu, serta peserta Pilkada agar terhindar dari kesalah-pahaman, dan ini bentuk transparansi kita,“ ujar Walikota GSVL.

Ia berharap agar pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 ini, baik penyelenggaran pilkada maupun peserta pilkada agar tetap patuh dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Jalankan prokes Covid-19. sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan sehat, aman, lancar dan damai,” pesan Walikota GSVL.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat, Kadis Dukcapil Julises Oehlers, KPU Kota Manado, Banwaslu Kota Manado, sejumlah pejabat Pemkot Manado.(DONWU)

Baca Juga:  Kabar gembira, orangtua di Manado sudah bisa urus KTP Anak
  • Bagikan