Gairah pariwisata Manado bangkit, Walikota GSVL dan Stafsus Jokowi sosialiasi CHSE

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.co.id – Pandemi Covid-19 membuat banyak sector menjadi terdampak, salah satunya dunia pariwisata. Namun hal tersebut tak boleh terjadi terus-menerus.

Untuk itu, salah satu cara Pemerintah Kota Manado menggeliatkan kembali dunia pariwisata yakni dengan menerapkan Cleanliness, Healthy, Safety, and Enviromental Sustainability (CHSE).

Program kerjasama Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut kemudian mulai disosialisasikan kepada para pelaku usaha pariwisata bertempat di Kantor Dispar Manado, Kawasan Megamas, Jumat (20/11/2020), dengan pembicara yakni Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo, Billy Mambrasar.

Pada kesempatan itu, Walikota GSVL menekankan bahwa sosialisasi ini sangat penting dan strategis dalam penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE yang memiliki peran penting untuk membangkitkan sektor ekonomi di industri pariwisata dan industri kreatif yang ada di Kota Manado.

“Dengan diterapkannya CHSE ini, para pelaku usaha baik pariwisata dan industri kreatif bisa menyesuaikan usaha wisatanya kembali bangkit,“ ujarnya.

Di satu sisi, Walikota GSVL memberikan apresiasi kepada Stafsus Jokowi Billy Mambrasar yang boleh hadir bersama Pemkot Manado dalam acara sosialisasi CHSE bagi sektor pariwisata dan UMKM di Manado.

“Saya titipkan atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado kepada Bapak Presiden Joko Widodo, atas perhatian untuk Kota Manado, dimana permintaan kami selaku Walikota dalam pembangunan usaha wisata mulai dikerjakan. Ditandai dengan down breaking pembangunan infrastruktur di pulau Bunaken dan Malalayang,” ucap Walikota GSVL.

Adapun Billy Mambrasar memberikan apresiasi besar kepada Walikota GSVL karena hampir 10 tahun memimpin Kota Manado dinilainbya banyak membawa perubahan dan meninggalkan legacy yang baik kedepan bagi pembangunan lebih khusus dalam bidang pariwisata.

Baca Juga:  Sertijab Kepala BPKP Sulut, GSVL berharap kemitraan terus terjalin

“Saya pribadi sangat mengenal Kota Manado, saya yakin Manado kedepan bukan hanya terkenal di Indonesia tapi juga dunia internasional dalam sektor pariwisata,” ujarnya.

Ia pun mengajak anak muda di Manado agar mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM dan mengambil bagian dalam program-program pemerintah kedepannya.(LIPSUS)

  • Bagikan