APEKSI 2021-2024: Arya Bima gantikan Airin, Syarif Fasha gantikan GSVL

  • Bagikan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut (Ketua Dewan Pengawas 2016-2021), Walikota Jambi Syarif Fasha (Ketua Dewan Pengawas 2021-2024), Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany (Ketua Dewan Pengurus 2016-2021), Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (Ketua Dewan Pengurus 2021-2024).

Walikota Manado GS Vicky Lumentut (Ketua Dewan Pengawas 2016-2021), Walikota Jambi Syarif Fasha (Ketua Dewan Pengawas 2021-2024), Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany (Ketua Dewan Pengurus 2016-2021), Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (Ketua Dewan Pengurus 2021-2024).

JAKARTA, BERITASULUT.co.id – Musyawarah Nasional (Munas) VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang harusnya digelar di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Juni 2020 lalu, terpaksa digeser hingga awal Februari 2021 ini, akibat pandemi Covid-19.

Munas APEKSI VI yang digelar Kamis (11/02/2021) kemarin, merupakan ajang pertemuan 4 (empat) tahunan APEKSI mengangkat tema “Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Paska Pandemi COVID-19”.

Munas dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Kehadiran peserta dibatasi dan diterapkan protokol kesehatan. Bahkan sebagian yang lainnya menggunakan metode daring di kota masing-masing.

Munas ini menghasilkan sejumlah keputusan seperti Program Kerja 2021-2024, Rekomendasi, dan Dewan Pengurus serta Dewan Pengawas Periode 2021-2024.

Untuk posisi Ketua Dewan Pengurus dengan proses musyawarah dan mufakat telah mempercayakan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menggantikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Sedangkan posisi Ketua Dewan Pengawas peserta mempercayakan kepada Walikota Jambi Syarif Fasha menggantikan Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL). Berikut susunan lengkapnya:

Dewan Pengurus APEKSI 2021-2024

Ketua: Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor)
Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi: Marten Taha (Walikota Gorontalo)
Wakil Ketua Bidang Kerjasama: Hendrar Prihadi (Walikota Semarang)
Wakil Ketua Bidang Pembangunan: Aminullah Usman (Walikota Banda Aceh)
Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan: Ibnu Sina (Walikota Banjarmasin)
Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan: Abdullah Abu Bakar (Walikota Kediri)
Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum: Maulan Aklil (Walikota Pangkalpinang)
Bendahara: Dewanti Rumpoko (Walikota Batu)

Dewan Pengawas APEKSI 2021-2024

Ketua: Syarif Fasha (Walikota Jambi)
Anggota: Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan)
Anggota: Taufan Pawe (Walikota Parepare)

Baca Juga:  Hadiri workshop kode etik BPK, ini penegasan Walikota GSVL

Sementara itu, Bima Arya yang langsung dikukuhkan Mendagri Tito Karnavian, dalam pidato perdananya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Airin sebagai Ketua sebelumnya yang telah sukses memimpin dan membawa kemajuan APEKSI pada empat tahun terakhir ini.

Bima menyadari tantangan dan tanggung jawab yang cukup berat yang akan dipikul dalam memimpin APEKSI ke depan.

“APEKSI akan fokus untuk menguatkan sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Juga kolaborasi antara pemerintah daerah untuk terus memperbaiki pelayan publik di daerah,” ujarnya.(DONWU)

  • Bagikan