Ada Deddy Corbuzier di Bank OCBC NISP, kenapa ya?

  • Bagikan
Virtual Press Conference OCBC NISP Financially Fitness x TAYTB Show Special Edition.

JAKARTA, BERITASULUT.co.id – Bank OCBC NISP selalu percaya bahwa masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda telah memiliki semangat Tidak Ada yang Tidak Bisa (#TAYTB) di dalam dirinya.

Keyakinan ini mendorong OCBC NISP untuk terus berusaha menghadirkan berbagai inovasi guna mewujudkan generasi Indonesia yang memiliki kondisi finansial yang fit (Financially Fit).

Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat permasalahan umum tentang finansial yang terlebih dahulu harus dibenahi, salah satunya adalah mindset generasi yang mengejar ‘ingin kaya’ namun sayangnya tidak diikuti dengan pengetahuan yang tepat tentang tujuan, proses serta tahapan untuk mencapainya.

Untuk itu, OCBC NISP meluncurkan solusi Financial Fitness by NYALAOCBC NISP guna memberdayakan generasi Indonesiaagar memiliki kondisi financially fit, menggeser mindset dari getting rich menjadi getting fit.

Karena menjadi kaya (rich) itu relatif atau tidak bisa diukur, sedangkan menjadi seseorang yang memiliki kondisi financially fit itu ada pengukurannya, mulai dari tabungan, dana darurat, proteksi sampai dengan investasi.

Solusi Finansial Fitness ini lebih dari sekedar produk keuangan, ini merupakan solusi terintegrasi yang menghadirkan program pendampingan mulai dari Nyala Financial Fitness Squad, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi dan Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym.

“OCBC NISP menyadari bahwa membangun generasi financially fit diperlukan langkah besar, mulai dari meningkatkan pemahaman dasar finansial (knowledge),memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah (behaviour) dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru agar mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat (attitude)”, ujar Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP, Senin (15/03/2021).

OCBC NISP terus berinovasi untuk menghadirkan solusi literasi keuangan yang dapat diterima baik oleh generasi Indonesia. Di antaranya sejak 2019 lalu, kami berinovasi mengadakan festival finansial pertama di Indonesia, #TAYTBFest dan #SAVE20 by Nyala, yakni gerakan yang mengajak masyarakat menabung dan berinvestasi mulai dari Rp20 ribu.

“Khusus di tahun 2021 bertepatan dengan usia OCBC NISP yang ke-80 tahun, OCBC NISP hadirkan solusi Financial Fitness sebagai solusi komprehensif dan masif guna membantupemerintah untuk membawa Indonesia melaju jauhmenjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045,” ujarnya.

Baca Juga:  Bank SulutGo siap bantu kredit kaum milenial yang ingin berwirausaha

Ka Jit kemudian menjelaskan 3 permasalahan keuangan, yakni Pengetahuan, Kebiasaan, dan Mindset.

“Berdasarkan Survei Indeks Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah,dengan indeks literasi 38,03% dari total populasi,” kata Ka Jit.

Dengan demikian ada tiga permasalahan finansial yang perlu dibenahi agar menjadikan masyarakat yang financially fit, yaitu:

1. Pengetahuan
Pemahaman yang kurang terkait konsep dasar finansial menyebabkan banyak masyarakat mengambil keputusan finansial yang kurang tepat, misalnya investasi mengikuti tren tanpa punya pemahaman dasar, pemahamankapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana darurat, proteksi atau investasi.

2. Kebiasaaan
Kebisaaan manajemen finansial yang kurang tepat dan terbawa lifestyle kekinian, misalnya tergoda ajakan diskon, membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dengan cara kredit.

3. Mindset
Mindset keuangan yang kurang tepat, misalnya perencanaan keuangan itu cuma buat orang kaya, karena biaya konsultasinya itu mahal atauperencanaan keuangan itu sulit, bahkan menganggap pendapatannya tidak bisa disisihkan untuk tabungan/investasi.

LEBIH DARI SEKEDAR PRODUK KEUANGAN

Bank OCBC NISP fokus untuk mengedukasi, mengarahkan, mendukung dan membentuk kebiasaan keuangan yang baik. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan:

– NYALA Financial Fitness Squads
Seperti layaknya program kebugaran, NYALA Financial Fitness Squad akan memberikan bimbingan dan motivasi untuk memiliki kebiasaan finansial yang baik, dengan membangun daya tahan keuangan (endurance) melalui tabungan berjangka dengan bunga maksimal, memperkuat otot finansial (strength) dengan investasi mulai Rp20.000 perhari, serta lincah mengatur keuangan (agility) dengan bebas biaya transaksi dan admin serta dana darurat yang selalu terjaga. Bank OCBC NISP menggandeng Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Director NYALA OCBC NISP yang akan berperan sebagai financial coach, bersama lebih dari 8 ahli di bidang finansial.

– Komunitas Ruang meNYALA
Wadah saling berbagi dan mendukung, menuju masyarakat yang financially fit. Melalui Komunitas Ruang meNYALA, OCBC NISP berkolaborasi dengan berbagai komunitas, menyediakan kelas edukasi dengan narasumber ahli membahas isu finansial yang sedang hangat.

Baca Juga:  Tingkatkan pelayanan keuangan, Bank SulutGo dan Pemkot Manado tandatangani PKS Kasda Online

– Platform edukasi Ruang meNYALA
Platform yang akan menyediakan informasi dan pembelajaran finansial, mulai dari format self-learning (modul yang disiapkan) dan akan dilanjutkan dengan kelas pembelajaran bersama.

– Financial Fitness Check Up
Membantu masyarakat melakukan pengecekandan evaluasi kondisi finansial mereka. Hal ini akan membantu masyarakat untuk mulai merencanakan keuangan dengan lebih baik.

– Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym
Dalam waktu dekat, Bank OCBC NISP akan menghadirkan inovasi sebuah tempat untuk melatih kekuatan keuangan, dengan berbagai fasilitas penunjang, termasuk fasilitas Financial Fitness Tracker untuk mengetahui kadar kesehatan finansial.

“Saya sangat mengapresiasi Bank OCBC NISP yang segera mengambil tindakan nyata dalam mendorong generasi Indonesia lebih melek keuangan dengan fokus kepada getting fit before getting rich. Bersama Financial Fitness Squad, saya mengajak generasi Indonesia sadar akan pentingnya menjadi financially fit,” ujar Deddy Corbuzier.

Dikatakannya, sama seperti program kebugaran fisik, bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach/trainer.

Adapun Ka Jit berharap Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP inibisa merangkul masyarakat, khususnya generasi muda, menjadikan mereka financially fit.

“Ini bukan sekadar inisiatif bisnis, melainkan komitmen kami menjalankan responsible banking untuk mengajak masyarakat berdaya secara finansial”, tutup Ka Jit.

Sekilas tentang Bank OCBC NISP

OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 31 Desember 2020, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 236 jaringan kantor di 57 kota di Indonesia, dilengkapi dengan 592unit ATM Bank OCBC NISP yang dapat diakses di lebih dari 102.000 jaringan ATM di Indonesia, sekaligus terhubung dengan lebih dari 650 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia.

Baca Juga:  Gandeng BPKP, Bank SulutGo teken MoU dengan Pemkab Bolsel

Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Sekilas tentang Nyala

NYALA adalah layanan perbankan dari Bank OCBC NISP yang memperkenalkan konsep manfaat terbaik berdasarkan saldo gabungan dari berbagai produk yang dimiliki di OCBC NISP (tabungan, deposito, rekening giro, tabungan berjangka, produk investasi)

Setelah bergabung dengan layanan NYALA, nasabah dapat mengembangkan dana pada produk-produk dari Bank OCBC NISP memungkinkan nasabah untuk menabung dan berinvestasi mulai dari Rp20.000 yakni:

– TAKA tersedia dalam dua jenis yakni TAKA fix installment (pembukaan melalui cabang) dan TAKA Online (pembukaan melalui ONe Mobile) di mana nasabah dimungkinkan untuk mengumpulkan Rp20.000 per hari menjadi angsuran bulanan dengan set up autodebit di ONe Mobile.

– Reksa Dana Berjangka dengan pembelian Harian, Mingguan, dan Bulanan di ONe Mobile dengan nominal Rp20.000 (berlaku untuk produk tertentu ie. Reksa Dana yang dijual oleh BNP Paribas).

Selain itu kelebihan layanan NYALA adalah nasabah bisa mendapatkan manfaat layanan yang menguntungkan lainnya sebagai berikut:

– Bebas biaya transfer antar bank melalui ATM, IB, dan ONe Mobile dengan metode online dan SKN/LLG
– Bebas biaya Tarik tunai di ATM Prima, Bersama, dan OCBC Singapura
– Transaksi valas dengan kurs yang kompetitif
– Cashback hingga Rp250 ribu dengan kode promo NYALA 250

Terdapat pula layanan untuk para pebisnis yaitu layanan Nyala Bisnis, dimana para pebisnis bisa memiliki saldo gabungan dengan rekening terpisah yang memudahkan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis.(INAV)

  • Bagikan