Persamaan karir Wali Kota GSVL dan Bupati Theofilus: Dari PNS staf hingga jabat Sekda, kemudian Kepala Daerah

  • Bagikan
Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut disambut Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerang di Rudis Bupati Tana Toraja, Makale, Senin (12/04/2021) malam.(foto: allens)

Catatan
Donny Wungow
Tana Toraja, 14 April 2021

NAMPAKNYA bukan sebuah kebetulan ketika Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung menjamu makan malam Wali Kota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL), di Rumah Dinas Bupati Tana Toraja, Sulawesi Selatan, di Makale pada Senin (12/04/2021) malam.

Saat Bupati Theofilus memperkenalkan diri dan sedikit menjelaskan perjalanan karirnya hingga menjadi Bupati Tana Toraja, rupanya tak jauh beda atau banyak persamaan dengan perjanalan karir Wali Kota GSVL.

Bupati Tana Toraja dua periode itu mengawali karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemprov Sulawesi Selatan dari staf biasa. Jabatan pertama yang dipercayakan kepada dirinya adalah Pemeriksa Retribusi dan Pendapatan Lain Provinsi Sulsel.

Karirnya sebagai PNS terus menanjak naik, tidak instan. Di Pemprov Sulsel, jabatan tertinggi yang ia jabat yakni sebagai Kepala Inspektorat.

Dengan jabatan itu, ia kemudian dipercayakan menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Tana Toraja. Berkat ketekunannya, maka ia kemudian didorong untuk ikut kontetasi Pilkada Tana Toraja tahun 2010, dan berhasil ia dapatkan.

Kini pria 63 tahun itu sudah menjabat Bupati Tana Toraja periode kedua, meskipun sempat istirahat 5 tahun.

Baca Juga:  Walikota GSVL pastikan operasional TPI Calaca jadi wewenang PD Pasar
  • Bagikan