Waduh… Varian Delta Covid-19 intai Manado, Wali Kota AA: Waspada!

  • Bagikan
Wali Kota Andrei Angouw saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Klenteng Kwan Kong, Rabu (23/07/2021) siang.

Manado, BERITA SULUT – Kota Manado bersiap membendung gempuran varian Delta, varian baru Covid-19 yang sudah terdeteksi di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk itu, Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) meminta masyarakat mewaspadainya dengan memperketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Vius Delta sudah mengintai Kota Manado. Kita harus mewaspadainya segera,” ujarnya, Rabu (23/06/2021) pagi.

Secara spesifik, varian Delta dulunya dikenal dengan nama varian B.1.617. Varian ini merupakan hasil mutasi ganda E484Q (mirip dengan varian corona Afrika Selatan) dan L452R (terdeketeksi di California).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan soal varian ini. Lembaga PBB itu menyebut varian ini sangat menular, jenis tercepat dan terkuat yang pernah ada dan akan “mengambil” orang-orang paling rentan di wilayah dengan vaksinasi Covid-19 rendah.

Gejala Covid-19 yang sebelumnya dianggap sering terjadi seperti batuk dan kehilangan penciuman justru lebih jarang terjadi pada orang yang terinfeksi varian Delta.

Sedangkan, pada pasien yang lebih muda, gejala Covid-19 yang lebih dominan adalah pilek atau badan terasa tidak enak atau kelelahan.

Baca Juga:  Amurang mulai ramai lagi, warga mulai bosan di rumah?
  • Bagikan