Akhirnya jurusan IPA-IPS-Bahasa di SMA dihapus, penggantinya siswa bebas pilih mata pelajaran

  • Bagikan
Mendikbud Nadiem Makarim .

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Setelah puluhan tahun diterapkan, akhirnya penjurusan di Sekolah Menengah Atas (SMA) dihapus mulai tahun ini.

Nantinya di sekolah tingkat SMA tidak akan ada lagi jurusan atau peminatan seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), atau Bahasa.

Sebagai gantinya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) mengeluarkan Kurikulum Merdeka yang nantinya akan memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah.

“Tidak ada lagi jurusan, kejuruan atau peminatan. Di Kurikulum Merdeka, siswa bisa bebas memlih mata pelajaran yang diminatinya di dua tahun terakhir saat SMA,” ujar Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Jumat (11/02/2022) kemarin.

Ia mengatakan, siswa tidak lagi akan terkatagorikan dalam kelompok jurusan IPA, IPS, atau Bahasa.

“Ini salah satu keputusan atau choice atau pemilihan yang bisa diberikan kemerdekaan bagi anak-anak kita yang sudah mulai masuk dalam umur dewasa untuk bisa memilih,” ucapnya.

Adapun Kurikulum Merdeka dapat mulai digunakan di tahun ajaran 2022/2023. Sekolah juga tidak akan dipaksakan untuk mengikuti kurikulum itu, namun diberi kebebasan untuk memilih kurikulum yang sesuai kesiapannya.

Baca Juga:  Lihat sikon, Walikota GSVL perpanjang libur sekolah di Manado
  • Bagikan