Hingga Februari 2022, realisasi PAD Manado sudah 9,60 persen, Bapenda optimis capai target

  • Bagikan
Kabid Pembukuan, Pelaporan dan TI Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Manado Lufry Gerungan.(bsc)

Manado, BERITASULUT.co.id – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Manado tahun 2022 hingga 20 Februari ini sudah mencapai 9,60 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Pembukuan, Pelaporan dan TI Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Manado Lufry Gerungan menjelaskan, dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama, tahun ini naik signifikan.

“Di masa pandemi Covid-19 memang ada PAD tidak seperti masa sebelum pandemi. Tapi tahun ini mulai membaik,” ujar Gerungan ditemui di Kantor Bapenda, Kamis (24/02/2022) siang.

Pihaknya optimis, dengan dorongan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang (AARS), target bisa tercapai hingga akhir tahun.

“Target PAD tahun ini Rp407 Milyar. Optimis akan tercapai, atau bahkan lewat target, meskipun masih dalam masa pandemi,” ucapnya.

Dikatakan pula, untuk realisasi PAD tahun 2021 lalu mencapai Rp243,7 Milyar dari target sebesar Rp350 Milyar, atau 69,5 persen.

Sebelumnya, Walikota AA menegaskan bahwa, dalam upaya peningkatan PAD diperlukan kreatifitas dari perangkat daerah pengelola PAD yang disertai dengan data yang akurat.

“Sehingga semua pos pendapatan baik lewat pajak dan retribusi akan dapat dimaksimalkan,” ujar Walikota.

Dikatakan pula, pengelolaan PAD menjadi sangat penting, dan bukan saja menjadi tugas Bapenda, tetapi semua perangkat daerah.

“Tahun ini target PAD harus dicapai kalau bisa kita lampaui,” tandas Walikota.

(donwu)

Baca Juga:  Pemkot Manado gelar ibadah Paskah, ini pesan Wawali RS
  • Bagikan