Fenly Meteng siap optimalkan dana desa untuk ketahanan pangan

  • Bagikan
Hukum Tua Fenly Meteng (tengah)

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Upaya memperkuat ketahanan pangan di sektor pertanian, rencana program telah disusun Pemerintah Desa Silian Satu, Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Mulai dari anggaran, lahan pertanian, ketersediaan bahan dasar bertani, tenaga kerja sampai infrastruktur penunjang, tengah dimatangkan pemerintah setempat.

Hukum Tua Fenly Meteng menuturkan, anggaran program ketahanan pangan di desanya senilai Rp133.732.200 atau 20 persen dari pagu dana desa tahun 2022 yang mencapai Rp668.661.000.

“Anggaran program ketahanan pangan di Desa Silian Satu akan direalisasikan untuk 2 kegiatan. Pertama penanaman jagung dan kedua infrastruktur penunjang seperti jalan usaha tani sepanjang 700 meter,” terang Meteng, Senin (21/3/2022).

Kedua kegiatan ini berkaitan dengan tenaga kerja, untuk itu Fenly Meteng memastikan akan memberdayakan masyarakat untuk menjalankan program-program tersebut.

Pemerintah desa juga akan melakukan pendampingan kepada warga agar sumber daya manusia (SDM) meningkat, supaya memiliki kemampuan dalam mengelola lahan pertanian tersebut mulai dari masa tanam hingga panen. (HENGLY)

Baca Juga:  Distan Mitra segera luncurkan Kartu Tani
  • Bagikan