Mau tahu cara jualan di marketplace agar laris? Begini caranya

  • Bagikan
Mau tahu cara jualan di marketplace agar laris? Begini caranya.

BERITASULUT.co.id – Dunia digital kian hari semakin berkembang dengan pesat, membuat banyak orang mencari cara jualan di marketplace. Kemunculan marketplace ini menggeser kebiasaan masyarakat yang awalnya berbelanja langsung menjadi belanja menggunakan sistem online.

Kecenderungan tersebut berakibat pada banyaknya produsen yang mendaftarkan diri untuk berjualan di marketplace untuk meluaskan pasar. Meskipun pada kenyataannya telah memiliki toko fisik.

Banyaknya toko yang ada di marketplace jelas menandakan bahwa persaingan semakin ketat. Produsen akan berlomba-lomba mengatur strategi agar dagangannya laris terjual kepada konsumen. Nah, untuk dapat mencapai target penjualan yang maksimal Anda perlu mempelajari tips yang tepat.

Dijamin laris, begini cara jualan di marketplace

Saat ini banyak bermunculan marketplace yang dapat Anda pilih untuk membuat toko online. Setiap marketplace pasti memiliki ciri khas dan target pasar masing-masing.

Dengan banyaknya tawaran menarik, membuat banyak pengusaha beralih membuat toko online. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui trik strategis cara jualan di marketplace biar laris.

1. Memilih marketplace dan mendaftar online shop

Langkah pertama cara jualan di marketplace yakni memilih platform yang kredibel dan menguntungkan untuk bisnis Anda. Dari sekian banyaknya pasar yang ada, Blibli menjadi salah satu tempat terpercaya dan menawarkan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda dengan berbagai fitur beragam.

Salah satunya fitur Bliklan yakni layanan iklan produk yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan di Blibli. Menariknya terdapat gratis ongkir yang akan ditanggung oleh Blibli.

Selain itu, bagi Anda yang membuka toko online juga tidak akan dikenakan deposit dan bebas denda. Nah, terkait cara daftar online shop juga cukup mudah dan Anda dapat langsung berjualan melalui Blibli setelah melakukan pendaftaran.

2. Melengkapi profil toko

Cara jualan yang laris di marketplace berikutnya melengkapi profil toko. Profil toko yang lengkap menandakan bahwa toko online shop Anda dapat dipercaya dan terlihat profesional. Anda dapat menambahkan nama toko, display foto, deskripsi toko, link ke website toko online dan media sosial hingga jam operasional.

Buatlah profil toko selengkap dan semenarik mungkin, sehingga konsumen yang akan membeli tidak merasa ragu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan logo yang ikonik dan mempunyai filosofi mendalam. Logo yang baik akan membuat toko Anda lebih diingat oleh konsumen.

3. Tambahkan deskripsi dan foto produk yang menarik

Hal lain yang harus dilengkapi yaitu melengkapi deskripsi produk. Cantumkan deskripsi yang jelas mulai dari warna, spesifikasi, berat, ukuran hingga ketersediaan stok yang setiap waktu di update.

Di samping itu, foto produk yang berkualitas juga membuat orang tertarik untuk melihatnya dan kemudian memutuskan untuk membeli. Terlebih jika itu produk makanan, foto yang bagus akan membuat orang penasaran untuk mencoba. Ini merupakan salah satu cara jualan makanan di marketplace.

Informasi produk yang jelas dan lengkap tidak akan mendatangkan keraguan kepada konsumen. Konsumen tidak perlu bertanya lagi kepada Anda tentang produk tersebut dimana hal tersebut jelas memakan waktu.

Hal ini penting dilakukan sebab jika kompetitor lain memiliki produk yang sama dengan deskripsi produk yang jelas, ini dapat membuat Anda kehilangan konsumen. Karena, mereka dapat langsung membeli produk yang diinginkan tanpa harus bertanya kepada Anda selaku produsen.

4. Tambahkan jasa pengiriman yang beragam

Pilihan jasa pengiriman yang beragam akan memudahkan konsumen untuk memilih. Pasalnya, jasa pengiriman yang digunakan menentukan waktu tiba barang yang dipesan. Jika tersedia banyak pilihan, konsumen akan jauh lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, setiap masing-masing jasa pengiriman juga menawarkan harga berbeda-beda. Bisa saja jasa pengiriman A lebih terjangkau untuk mencapai kota di Pulau Jawa. Atau, bisa saja jasa pengiriman B lebih mahal menjangkau kota di Pulau Jawa. Dengan beragamnya jasa pengiriman yang disediakan, maka konsumen akan lebih fleksibel memilih jasa pengiriman sesuai yang diinginkan.

5. Memberikan promo secara rutin

Jika Anda memiliki toko online di bidang makanan, maka Anda juga harus mengetahui cara jualan makanan di marketplace agar produk Anda laris. Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen sangat senang dengan adanya promo. Dengan promosi rutin akan membuat konsumen tergoda untuk membeli produk.

Promosi juga menjadi strategi yang ampuh agar produk Anda laris terjual dan bisa bersaing dengan kompetitor lain. Anda juga dapat menerapkan potongan harga dengan minimal pembelian, promo paket bundling hingga turut serta dalam berbagai event yang diadakan oleh marketplace. Ini akan membuat toko online Anda lebih menonjol di mata konsumen.

Blibli.com menjadi salah satu marketplace kredibel dan menyediakan berbagai fitur menarik. Sehingga toko online Anda berkembang lebih pesat. Selain itu, juga terdapat kemudahan, sehingga tidak perlu lagi bersusah payah mencari cara jualan di marketplace yang lain.

(*/bsc)

  • Bagikan