Jamin kesehatan pegawai dan keluarga, BSG jalin kerja sama dengan RSUP Prof Kandou

  • Bagikan
Penandatanganan kerja sama antara Direktur Utama BSG Revino Pepah dan Direktur Utama RSUP Prof Dr RD Kandou Manado Jimmy Panelewen, Rabu (04/04/2022).

Manado, BERITASULUT.co.id – Bank SulutGo (BSG) bersama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr RD Kandou Manado menjalin kerja sama terkait jaminan pelayanan kesehatan bagi pegawai dan keluarga BSG.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan Direktur Utama BSG Revino Pepah dan Direktur Utama RSUP Prof Dr RD Kandou Manado Jimmy Panelewen, di Aula Kantor Pusat BSG, Jln Sam Ratulangi, Wenang Utara, Rabu (04/04/2022).

Dalam sambutannya, Pepah menyampaikan terima kasih kepada Dirut RSUP Kandou yang mau merespon permintaan dari BSG untuk melakukan kerja sama pelayanan kesehatan ini.

“Nantinya, kalau ada pegawai kami yang akan berobat atau melakukan ceck up, tempatnya nanti di RSUP Kandou,” ujarnya.

Pepah juga mengatakan, dengan peralatan yang baik, SDM yang unggul, menjadi satu acuan dari BSG melakukan kerja sama dengan RSUP Kandou.

“Kami tahu RSUP Kandou memiliki peralatan medis yang lebih baik dari rumah sakit lain, juga menjadi pusat rujukan bagi rumah sakit yang ada di Sulut,” kata Pepah.

Dia berharap kedepan BSG bisa menikmati pelayanan kesehatan yang baik, dan menimbulkan impek positif bagi RSUP Kandou Manado.

Sementara itu, Panelewen menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa atas kepercayaan pimpinan BSG terkait dengan pelayanan kesehatan karyawannya diserahkan kepada RSUP Kandou Manado.

Ia menjelaskan, setiap jasa ada dampak finansialnya yang sangat dibutuhkan rumah sakit. RSUP Kandou sekarang statusnya Balai Layanan Umum (BLU), yang artinya RSUP Kandou tidak lagi bergantung sepenuhnya pada APBN.

“Biaya itu harus keluar sendiri dari pendapatan rumah sakit. Kata BLU itu, nantinya pengelolaan keuangan RSUP Kandou akan bertanggung jawab kepada Kementerian Keuangan,” ujar Panelewen.

Baca Juga:  Anak usia 6-11 tahun diizinkan divaksin Covid-19, IDAI keluarkan rekomendasi

Dikatakannya, RSUP Kandou Manado sekarang 85 persen budgetnya dari pendapatan sendiri, dan 15 persen masih dari APBN, itu sendiri untuk pembayaran gaji PNS.

“Kami juga diberi wewenang untuk bisa mengangkat pegawai sendiri yang namanya pegawai BLU,” katanya.

RSUP Kandou Manado, lanjut Panelewen mempunyai regulasi sendiri yang dibuat direktur utama, untuk memfasilitasi pasien kurang mampu untuk membayar.

RSUP Kandou juga memback pemerintah kabupaten/kota, bahwa ternyata masih ada masyarakat yang belum mempunyai jaminan kesehatan BPJS, yang dibantu oleh pemerintah atau Jamkesda.

“Ada juga mungkin salah alamat, yang sebenarnya dia mampu,tapi dia mengantongi kartu jaminan kesehatan tidak mampu. Untuk itu kami pemimpin RSUP Kandou mampu beradaptasi pada kondisi kondisi seperti itu,” terang Panelewen.

(donwu)

  • Bagikan